bahasa inggris un smp
PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL 2013 BAHASA INGGRIS
SMP/MTS
DAN PEMBAHASAN
Choose
the best answer.
KEEP HANDS AWAY
CHEMICAL REACTION IS IN POGRESS
|
Read the text and answer question 1.
Indikator
SKL : Menentukan makna caution/notice
Indikator
soal : Disajikan sebuah teks caution siswa
dapatmenentukan makna teks tersebut
dengan tepat.
Soal :
1.
What does the sign mean?
A.
Don’t touch the equipment
B.
Put our hands on the equipment
C.
Touch the material with our hands
D.
Don’t keep the material and the equipment
Jawaban :
A
Pembahasan :
Kata
kunci dari makna caution di atas
adalah keep hands away yang berarti not to touch, maka jawaban yang tepat
adalahA.
Scout Association of SMP N 1 Taruma Jaya
To: All
members
In order to celebrate our
Independence Day, we are going to go camping at Pangrango Mountain from 14
to 16 August 2011.
The contribution is Rp. 50.
000. Those who want to join the activity please contact Mr. Gunawan.
Registration will be opened
starting from 5th August 2011.
For further information,
please contact the committee.
Nanda.
Chair person
|
Read the text to answer questions 2 and 3.
Indikator
SKL : Menentukan informasi tersirat
Indaikator
soal : Disajikan sebuah teks pengumuman tentang
rencana piknik sekolah, siswa dapat menentukan informasi tersirat dalam teks
tersebut dengan benar.
Soal :
2.
The camping will
start on...
A. 5
August 2011
B. 14
August 2011
C. 15
August 2011
D. 16
August 2011
Jawaban : B
Pembahasan :
Dari
pernyataan from 14 to 16 August 2011,
maka dapat disimpulkan camping tersebut dimulai pada tgl 14 agustus 2011.
Indikator SKL :
Menentukan informasi rinci tersurat.
Indikator soal : Disajikan
teks pengumuman yang sama, siswa dapat menentukan
informasi rinci tersurat dalam teks
tersebut dengan tepat.
Soal :
3.
Whom should you
meet to register for the program?
A. The
chair person.
B. The
committee
C. Mr.
Gunawan
D. Nanda
Jawaban : C
Pembahasan :
Jawaban untuk pertanyaan tersebut dapat
diketahui dari pernyataan please contact
Mr. Gunawan.
Dear all
of students,
Each
of us has different talents, different dreams, and different destinations.
We
all have the power to make a new tomorrow with great happiness.
We,
the Senior Class of Campbellsburg High School, invite you to join us
onSchool
Anniversary on Friday 1st June 2011 at 06.30 pm at Hamilton
Auditorium Campbellsburg, Arizona.
|
Read the text to answer questions 4 and 5.
Indikator
SKL : Menentukan informasi tertentu
Indikator
soal : Disajikan
sebuah teks undangan kegiatan di sekolah, siswadapat menentukan informasi
tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.
Soal :
4.
Where will the anniversary
be held?
A. At
high school
B. In
the class room
C. At
the school yard
D. At
Hamilton Auditorium
Jawaban : D
Pembahasan :
Pada kalimat terakhir dapat
diketahui di mana acara tersebut akan dilakukan, join us on School Anniversary on Friday 1st June 2011 at
06.30 pm, Hamilton Auditorium Campbellsburg, Arizona.
Indikator
SKL : Menentukan makna kata
Indikator
soal : Disajikan kutipan kalimat dari teks
undangan yang sama
dengan
salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut
dengan tepat.
Soal :
5.
“…invite
you to join us…” What does the underlined word mean?
A. Ask
B. Force
C.
Tell
D. Persuade
Jawaban : A
Pembahasan :
Makna kata yang tepat dari kata invite secara kontekstual adalah ask.
To: Liz
Sorry honey, I
can’t keepl my promise to go with you to the Mall tonight. I’ve to meet
Mrs. Cathy at 07.00 pm. Please, don’t be angry.
Sender
Mom
+625281227990
|
Read the text and answer the questions 6 and 7.
Indikator
SKL : Menentukan informasi tersirat.
Indikator
soal :Disajikan
sebuah teks pesan singkat tentang permintaan maaf, siswa dapat menentukan
informasi tersirat dalam teks tersebut denga tepat
Soal :
6.
How is Liz’s
mother feel about her promise?
A. Impressed
B. Confused
C. Relieved
D.
Guilty
Jawaban : D
Pembahasan :
Dari pernyataan sorry honey, maka dapat diketahui
bagaimana perasaan Liz’s mother yaitu
guilty.
Indikator SKL :
Menentukan tujuan komunikasi.
Indikator
soal : Disajikan
teks pesan singkat yang sama, siswa dapatmenentukan tujuan komunikasi teks
tersebut dengan tepat.
Soal :
7.
Mom writes the
text in order to …
A. apologize
for not keeping the promise.
B. remindLiz
that she has a promise with her.
C. tellLiz
that she has to go to the meeting.
D. say
that she cannot meet her in the Mall.
Jawaban : A
Pembahasan :
Tujuan dari pesan singkat
tersebut diketaui pada kalimat pertama pada pesan tersebut Sorry honey, I can’t fulfill my promise to go with you to the Mall
tonight. Maka jawaban yang tepat A.
Dear Mr. and Mrs. Burhanudin
It takes hands to build a house, but only hearts can build a
home.
Congratulations on your new home
May your new place give you ….
Warmth, happiness and lots of joy!
Your sincerely
Mr.
and Mrs. Anwar Sidiq
|
Read the text and answer questions 8 and 9.
Indikator
SKL : Menentukan
informasi tersirat.
Indicator
soal : Disajikan
teks greeting card tentang kepindahan
ke rumahbaru, siswa dapat menentukan informasi tersirat dalam teks tersebut
dengan tepat
Soal :
8.
From the text we
can say that Mr. and Mrs. Burhanuddin have just …a new house
A.
sold
B. built
C. bought
D. moved
into
Jawaban :D
Pembahasan :
Jawaban dari
pertanyaan tersebut adalah kesimpulan dari pernyataan Congratulations on your new home.May your new place give you ….Maka
jawaban yang tepat D.
Indikator
SKL : Menentukan
tujuan komunikatif
Indicator
soal : Disajikan
teks greeting card yang sama, siswa
dapatmenentukan tujuan penulisan teks tersebut dengan tepat.
Soal :
9.
What is Mr. and
Mrs. Anwar Sidiq’s purpose for sending the card?
A.
To congratulate
Mr. and Mrs. Burhanudin for their moving into a new house
B.
To give warmth
and happiness for Mr. and Mrs. Burhanusin’s house
C.
To ask Mr and
Mrs. Burhanudin to come to their house
D.
To help Mr. and
Mrs. Burhanudin build anew house
Jawaban : A
Pembahasan :
Teks tersebut adalah greeting card hal diketahui dari
pernyataan Congratulations on your new
home, maka tujuan dari penulisan teks tersebut adalah A.
Exclusive facial
Cotton
100% pure cotton
without bleaching
Ensures better
absorbency and comfort for cosmetic application
Hygienic way to
remove make up and cleanser
Its softness is
suitable for baby’s skin
|
Read the text to answer questions 10 and 11.
Indikator
SKL : Menentukan
informasi rinci tersurat
Indikator
soal :Disajikan sebuah teks iklan, siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dalam teks tersebut dengan tepat.
Soal :
10.
What is the main
function of the Exclusive facial cotton?
A. To
soften baby’s skin
B. To
comfort the face
C. To
absorb cosmetic
D. To
clean make up
Jawaban : D
Pembahasan :
Dari kalimat Hygienic way to remove make up and cleanser maka jelas fungsi dari cotton tersebut adalah D, to clean make up.
Indikator
SKL : Menentukan
informasi tersirat.
Indikator
soal : Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan informasi tersirat dalam teks tersebut
dengan tepat.
Soal :
11.
From the text
above we know that Exclusive facial Cotton is …
A. hygienicin
certain items.
B. pure white without chemical process.
C. white with certain addition substances.
D. natural
because of no chemical process.
Jawaban : D
Pembahasan :
Dari pilihan option di atas yang paling
tepat adalah D, merupakan kesimpulan dari kalimat 100% pure cotton without bleaching.
Read
the text to answer questions 12 to 14.
Jl. Boulevard Barat
Raya Unit 2735
Kelapa Gading Jakarta 13570 November 10, 2011
Dear
Sabrina,
Please let me express my deepest sympathies to you and the children. I was shocked and shattered when I heard about Frank's horrific accident. I can't even imagine what you have been going through for the past ten days. As you know, Frank and I have been colleagues and friends for the past eight years. His tragic loss leaves a terrible void in our office. He was so well-liked and respected by everyone who came into contact with him, both colleagues and clients alike. He had tremendous people skills, and as such, was a role model in our company and the industry at large. I trust that, when they are older, the children will be made aware of what an outstanding person Frank was in his professional life.
Sabrina,
please feel free to contact me if I can help in any way while you go through
this very difficult period. I will support you in any way that I can should
you reach out to me.
Also, please tell the children how terribly devastated all of us are here at the company due to their Father's tragic passing. Sincere sympathy, Darlene Francis |
Indikator SKL :
Menentukan informasi rinci tersurat.
Indikator soal :Disajikan
sebuah surat menunjukan rasa simpati, siswa dapat menentukan informasi rinci
tersurat dalam teks tersebut dengan tepat.
Soal :
12.
What’s the
relationship between Darlene and Frank?
A. They
were clients.
B. They
were colleagues.
C. They
were schoolmates.
D. They
were neighbors.
Jawaban : B
Pembahasan :
Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat
diketahui dari kalimat Frank
and I have been colleagues and friends, sehingga jawaban yang tepat adalah B.
Indikator
SKL : Menentukan rujukan kata
Indikator
soal :Disajikan sebuah kutipan kalimat dari
surat yang sama dengansalah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat
menentukan rujukan kata ganti tersebut dengan tepat.
Soal :
13.
“I trust that, when they are
older,..”
The underlined word refers to …
A. people.
B.
Frank’s friends.
C. Sabrina’s
children.
D. Sabrina
and children.
Jawaban : C
Pembahasan :
Untuk
mengetahui rujukan kata they dapat
diketahui pada kalimat berikutnya the children will be made aware of … sehingga jawaban yang tepat adalah C.
I
have a close Friend. She is beautiful, attractive and trendy. She always
wants to be a trend setter of the day. She always pays much attention to
her appearance. Recently, she bought a new stylist foot legs from blowfish shoes products. These shoes really
match on her.
Her new blowfish
women's shoes
are wonderful. When she is walking on those shoes, all her friends,
including me watch and admire that she has the most suitable shoes on her
physical appearance. The style, bright color, and brand represent her as a
smart woman of the day. She really has perfect appearance.
She
is really mad on those shoes. She said that the products covered all
genders. The blowfish men's shoes are as elegant as she has. The products provide
varieties of choice. Ballet, casual, boot athletic shoes are designed in
attractive way. The products are international trade mark and become the
hottest trend.
|
Read the text to answer questions 14 to 17.
Indikator
SKL : Menentukan
informasi rinci tersurat.
Indikator
soal : Disajikan
teks deskriptif tentang seseorang , siswa dapatmenentukan jawaban tentang
informasi rinci tersurat dengan tepat.
Soal :
14.
The writer’s
friend has just bought … from blowfish shoes products.
A. a new match shoes
B. a new stylist foot legs
C. a trendy and attractive shoes
D. a brand and bright color shoes
Jawaban : B
Pembahasan :
Untuk melengkapi
soal tersebut diketahui dari kalimat she bought a new stylist foot legs
from blowfish shoes
products.Maka jawaban yang tepat adalah B.
Indikator SKL : Menentukan informasi rinci tersurat.
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif yang sama, siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dalam teks tersebut dengan tepat.
Soal :
15.
Why does the
writer admire her friend?
A. She likes wearing an international
trade mark shoes.
B. She always wants to be a trendy and
attractive woman.
C. She has the most suitable shoes on
her physical appearance.
D. She really has perfect appearance
with her wonderful shoes.
Jawaban : C
Pembahasan :
Jawaban
dari pertanyaan tersebut dapat diketahui dari kalimat … including
me watch and admire that she has the most suitable shoes on her physical
appearance. Maka jawaban yang tepat adalah C.
Indikator
SKL : Menentukan tujuan komunikatif.
Indikator
soal :Disajikan teks
deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan tujuan komunikatif dari teks
tersebut dengan tepat.
Soal :
16.
Writer writes
the text in order to …
A. describe
her friend’s style and her new shoes.
B. explain
an international trademark shoes.
C. share
her experience with her friend.
Jawaban : A
Pembahasan :
Teks tersebut
adalah teks deskriptif dan dari awal kalimat hingga akhir mendeskripsikan style and her new shoes, sehingga
jawaban yang tepat adalah A.
Indikator SKL : Menentukan rujukan kata.
Indikator soal : Disajikan
sebuah kalimat yang dikutip dari teks yang samadengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat
menentukan rujukan kata dari
kata tersebut dengan tepat.
Soal :
17.
“She really has perfect appearance.” The word ‘she’ refers to …
A. the
writer.
B. a
close friend.
C. the
writer’s friend.
Jawaban : C
Pembahasan : Pada kalimat awal terlihat
bahwa penulis akan mendeskripsikan temannya. Maka kata ganti she merujuk pada the writer’s friend.
Read the text
and answer questions 18 to 22.
When
I just hang out in a mall one day, I saw a very beautiful bag. I love this bag at the first sight. This
was the first time I've spent much money on a bag and I don't regret it.
The bag is wonderful. It is made of thin
but strong leather. The weight is light and the size keeps it from getting
stuffed with junk. It has a long shoulder strap that I like because it keeps
the bag hands-free. Its neutral color
is fun and sporty. The design is simple and well-made.
The bag is very functional. It is the
perfect size to carry a cell phone, a pocket-sized wallet, a small book, a pack of gum, and
pens. It also fits well into my laptop backpack for bike
commuting to school. This bag also has more pockets inside so my small items
don't all fall to the bottom. In overall I really satisfy with bag.
|
Indikator
SKL : Menentukan informasi terentu.
Indikator
soal : Disajikan teks deskriptif tentang benda
kesayangan , siswadapat menentukan jawaban tentang informasi tertentu dengan
tepat.
Soal :
18.
Where does the
writer usually put her small items?
A.
In her pockets.
B.
In her laptop
backpack.
C.
In her pocket size
wallet.
D.
In the pockets
of her leather bag.
Jawaban : D
Pemabahasan :
Jawaban
pertanyaan dapat diketahui pada paragraph terakhir pada kalimat ‘This bag also has more pockets inside so my
small items don't all fall to the bottom’. Sehingga jawaban yang tepat D.
Indikator SKL : Menentukan informasi tersirat.
Indikator
soal : Disajikan
teks deskriptif tentang benda kesayangan , siswa dapat menentukan jawaban tentang
informasi tersirat dengan tepat.
Soal :
19.
What makes the
small items of the writer not falling down in the bag?
A.
The satisfying
bag
B.
Her laptop
backpack
C.
A pocket-sized
wallet
D.
The pockets
inside the bag
Jawaban : D
Pembahasan :
Dari
kalimat ‘This bag also has more
pockets inside so my small items don't all fall to the bottom’sehingga dapat
disimpulkan bahwa ‘the items don’t fall
cause the bag has more pocket inside the bag’. Maka jawaban yang tepat D.
Indikator SKL : Menentukan rujukan kata.
Indikator
soal : Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari
teks yang sama dengan salah satu kata
ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan rujukan kata dari kata tersebut dengan tepat.
Soal :
20.
“I've spent much
money on a bag and I don't regret it”. The underlined word refers to
…the bag.
A.
having
B.
seeing
C.
buying
D.
loving
Jawaban : C
Pembahasan :
Dari
kalimat ‘ … the first time I've spent much money on a bag…”, menunjukan bahwa
penulis menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan tas tersebut, dan ia tidak
menyesal untuk membelinya.Maka kata ganti ‘it’ menggantikan kata ‘buying’.Jadi
jawaban yang tepat C.
Indikator SKL : Menentukan pikiran utama.
Indikator
soal : Disajikan
teks deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan menentukan
pikiran utama sebuah paragraf dengan tepat.
Soal :
21.
What is the main
idea of the last paragraph?
A.
The writer has a
new bag.
B.
The bag is very
functional.
C.
The bag has many
pockets.
D.
The writer is
satisfied with the bag.
Jawaban : B.
Pembahasan :
Pikiran
utama pada paragraph ini yaitu kalimat pertama. Kalimat-kalimat berikutnya
berupa kalimat penjelas, menjelaskan bagaimana tas tersebut bermanfaat untuk
banyak hal. Sehingga jawaban yang tepat B.
Indikator SKL : Menentukan tujuan komunikasi.
Indikator
soal : Disajikan
teks deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaaan
menentukan tujuan komunikatif dari teks tersebut dengan tepat.
Soal :
22.
What is the
purpose of the text?
A.
To retell the
past event
B.
To entertain the
readers
C.
To describe the
writer’s new bag
D.
To give
instruction how to buy a bag
Jawaban : C
Pembahasan :
Teks
tersebut adalah teks deskriptif yang mendeskripsikan tas baru si penulis.
Sehingga jawaban yang tepat dari tujuan si penulis menulis teks tersebut adalah
mendeskripsikan tas barunya. Jadi jawaban yang tepat adalah D.
Read the text to
answer questions 23 to 26.
Pharmacists are the professionals who dispense medicines to
the patients, as prescribed by the medical expert. In most of the cases,
the experienced pharmacists can even prescribe some better drugs and
medicines to the patients. One of the most important pharmacist job
descriptions is the management of medicines and drugs in health care units
and hospitals. The pharmacist job description also includes assisting the
patients, advising the medical experts and helping the patients by
recommending the right medicine.
Some of the job duties of a pharmacist are as follows; give
advice and assist doctors or surgeons in matters relating to dosages and
prescriptions to the patient. Monitor and analyze the health of the
patient, with respect to the drugs that have been given to the patient.
Answer the queries of the patients about the probable side effects and
benefits of the drug therapy. Seek immediate help from the doctor in case
the drug shows some side effects on the patient. Recommend drugs to
visitors with minor ailments.
|
Indikator SKL : Menentukan gambaran umum.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report tentang sebuah
pekerjaan, siswa dapat menentukan jawaban gambaran umum dari teks tersebut
dengan tepat.
Soal :
23.
What does the
text tell us about?
A. A
pharmacist
B. A
drug therapy
C. A
medical expert
D. A
doctor and surgeon
Jawaban : A
Pembahasan :
Teks di atas
adalah teks report, untuk mengetahui gambaran umum dari teks tersebut dapat
diketahui pada paragraph pertama di awal kalimat. Maka jawabannya adalah A.
Indikator
SKL : Menentukan informasi rinci tersurat.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report yang sama, siswa dapat menentukan jawaban tentang informasi
rinci tersurat dengan tepat.
Soal :
24.
Which one is
usually done by a pharmacist?
A. Giving
immediate help to the patients
B. Recommending
better drugs to patients
C. Helping
surgeon while doing an operation
D. Giving
drugs to patients with major ailments
Jawaban : B
Pembahasan :
Jawaban dari
pertanyaan tersebut dapat ditemui pada paragraph pertama kalimat ‘the
experienced pharmacists can even prescribe some better drugs and medicines to
the patients’. Sehingga jawaban yang tepat B.
Indikator SKL : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal : Disajikan
teks report yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan informasi
tersirat dengan tepat.
Soal :
25.
Who has
responsibility to recommend drugs to visitors with minor ailments?
A. A
doctor
B. A
surgeon
C. A
pharmacist
D. A
medical expert
Jawaban : C
Pembahasan :
Jawaban dari
pertanyaan tersebut adalah hasil simpulan informasi pada paragraph 2 khususnya
kalimat terakhir.Sehingga jawaban yang tepat C.
Indikator SKL : Menentukan pikiran utama.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report yang sama, siswa dapat menentukan jawaban atas pertanyaan
menentukan pikiran utama sebuah paragraph dengan tepat.
Soal :
26.
What’s the main
idea of paragraph two?
A. A
pharmacist has some duties.
B. A
pharmacist and doctor work cooperatively.
C. A
pharmacist recommends drugs to the patient.
D. Doctor
and surgeon give prescriptions to the patient.
Jawaban : A
Pembahasan :
Pikiran utama
pada paragraph 2 dapat dijumpai pada kalimat pertama, sehingga jawaban yang
tepat dari pertanyaan tersebut adalah A.
This
mango smoothie tastes great, is low in fat and will give you a healthy
immune system. Give it a try. A refreshing drink is for all occasions.
Appreciate our Mango Smoothie.
Slice
a large ripe mango in half. Cut horizontal and vertical lines across each
of the pieces in a grid effect. Then turn the skin inside out to reveal
equal sized chunks. Slice these chunks off the skin with the knife.
Afterwards, pour 250 milliliters of yogurt and 150 milliliters of milk
into a blender. Next add the mango, followed by 8 ice cubes. Put the lid
on firmly, and blend until the mixture is smooth, or the consistency you
desire. If the smoothie is too thin, add 1/2 a banana and blend again.
This will also make it sweeter. Finally, pour into a glass, drop in a
couple of straws and serve.
|
Read the text to answer questions 27 to 30.
Indikator
SKL : Menentukan gambaran umum
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks procedure tentang
minuman, siswa dapat menentukan gambaran umum dalam teks tersebut dengan tepat.
Soal :
27.
What does the
text above tell us about?
A. It
tells about the way to make a mango smoothie.
B. It
identifies the problems to make a mango smoothie.
C. It
promotes the importance of a mango smoothie.
D. It
describes the features of a mango smoothie.
Jawaban : A
Pembahasan :
Teks tersebut adalah teks procedure, teks tersebut membicara
bagaimana cara membuat mango smoothie
hal ini dapat diketahui pada paragraph 1. Maka jawaban yang tepat adalah A.
Indikator
SKL : Menentukan informasi rinci tersurat.
Indikator
soal : Disajikan
sebuah teks procedure yang sama,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan menentukan informasi rinci tersurat
dengan tepat.
Soal :
28.
What should you
do after pouring yoghurt and milk into a blender?
A. Slice
the chunks off the skin with a knife.
B. Add
the mango, followed by 8 ice cubes.
C. Blend
the mixture until it becomes smooth.
D. Turn
the skin inside out to reveal chunks.
Jawaban : B
Pembahasan :
Jawaban pertanyaan tersebut dapat
dicermati pada paragraph 2 kalimat ‘Next
add the mango, followed by 8 ice cubes,’ sehingga jawaban yang tepat B.
Indikator
SKL : Menentukan
informasi tersirat.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks procedure yang sama,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan menentukan informasi tersirat dengan
tepat.
Soal :
29.
How many steps
are done to make a mango smoothie?
A. 10
B. 9
C. 8
D. 7
Jawaban : B
Pembahasan :
Untuk menjawab pertanyaan ini perlu
membaca dengan teliti paragraph 2, sehingga diambil kesimpulan jumlah
langkah-langkah membuat mango smoothie
adalah 9 langkah.
Indikator
SKL : Menentukan makna kata.
Indikator
soal : Disajikan
sebuah kalimat yang dikutip dari teks procedure
yang sama dengan salah satu kata digaris
bawahi, siswa dapat menentukan makna
kata dari kata tersebut dengan tepat.
Soal :
30.
“Afterwards, pour
250 milliliters of yogurt and 150 milliliters of milk into a blender.”
The underlined word means ….
A. Add
B. mix
C. empty
D. serve
Jawaban : A
Pembahasan : Makna yang tepat secara kontekstual kata pour adalah add.
Read the text to
answer questions 31 to 34.
"Don't
eat just before going to bed!" my mother used to tell me. "You
might get a nightmare." How right she was. I never believed her until it
happened to me.
It was on a
night when I felt hungry just as I was about to go to bed. So I made myself a
peanut-butter sandwich and a large cold glass of milk. After consuming them I
went to bed.
Soon I drifted off into a troubled sleep. I
dreamt that I was with a group of people looking for an old woman. I was not
sure why we were looking for her but we all seemed afraid of her. Somehow we
had to find her. So there I was,searching
high and low for her in frightful places I had never been before.
Sometimes I seemed to be flying while at other times I seemed unable to move.
The whole atmosphere was one of fear, like a dreadful horror-movie in which I
was a victim.
After some
searching I entered a darkened room and saw a figure sleeping on a bed. As I
got nearer the figure suddenly threw away the blanket, got up and stared at
me. It was an ugly old woman with shiny golden teeth. She raised her
claw-like fingers and walked towards me.
I wanted to
run but was unable to. I tried to scream but found that I could not. In
horror I struggled and struggled to get away from the frightful woman.
The next
moment I gave a muffled yell
and found myself panting on my bed. My goodness, what a horrible nightmare it
was! For a minute or so I lay on my bed not daring to close my eyes for fear
of falling asleep again and continuing the nightmare. Then I sat up on my bed
until the horrible feeling passed. From then on I never eat just before going
to sleep.
|
Indikator
SKL : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal : Disajikan
teks recount, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan informasi tersirat dengan tepat.
Soal :
31.
Why did writer
never eat again before going to sleep?
A. He
was afraid being a fat boy.
B. He
was afraid to meet an old woman.
C. He
didn’t want to have a trouble sleep.
D. He
didn’t want to get a horrible nightmare.
Jawaban : D
Pembahasan :
Untuk menjawab pertanyaan tersebut
diperlukan membaca lebih teliti paragraf terakhir dan menarik kesimpulan
kalimat pertama dan terakhir.Maka jawaban yang tepat D.
Indikator
SKL : Menentukan makna kata
Indikator soal : Disajikan
kutipan kalimat dari teks recount
yang sama dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna
kata tersebut dengan tepat.
Soal :
32.
“The next moment I gave a muffled yell and …”
The underlined word means …
A. quiet and less clear.
B. noisy and shooting.
C. loud and screaming.
D. forceful and talkative.
Jawaban :
A
Pembahasan :
Makna
muffled dapat diketahui secara
konteks pada paragraph akhir, maka makna yang tepat adalah A.
Indikator SKL :
Menentukan rujukan kata.
Indikator
soal : Disajikan sebuah kutipan kalimat dari
surat yang sama dengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan
rujukan kata ganti tersebut dengan tepat.
Soal :
33.
“I never believed her until it
happened to me …”
The
word ‘it” refers to …
A. a
bed.
B. a
nightmare.
C. a
Sandwich .
D. peanut
butter.
Jawaban : B
Pembahasan :
Rujukan
kata it dapat diketahui dengan
memperhatikan kalimat sebelumnya ‘You might get a nightmare’, sehingga jawaban yang tepat B.
Indikator SKL : Menentukan tujuan komunikatif.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks recount yang sama, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan tujuan komunikatif dengan tepat.
Soal :
34.
What is the purpose of the writer to write the text?
A. To
share a bad dream
B. To
describe an old woman
C. To
retell a frightening experience
D. To
advice not to eat before sleeping
Jawaban : C
Pembahasan :
Teks tersebut
adalah teks recount, maka tujuan
komunikatif teks tersebut yang tepat adalah C.
Read
the text and answer questions 35 to38.
It was early in the morning we
left Ubud and travelled to Gili Air which is one of three islands of Lombok.
It took 4 hours in total by boat. The travelling was not bad but it was a hot
day. I said to Jane on the slow boat " It`s alright babe, it won`t be so
hot and stuffy once we get moving.”
When we got to Gili Air it was
still quiet so we were able to get a bungalow near the beach for about $ 15 a
night plus breakfast. We shared our room with quite a number of geckos. Some
of them were quite large ones.
The weather was still hot when I
went diving. Jane waited for me at the seashore. She observed some fishermen
who had just caught some fish. She did not want to dive because she had a
trauma with sea animals. We had three days here which we spent walking around
the island which takes about an hour. Every night, we sat on the couches near
the beach and watched the waves and the stars.
It was a fantastic journey that I
ever had.
|
Indikator
SKL : Menentukan tujuan komunikatif teks.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks recount, siswa dapat
menentukan tujuan penulisan teks yang tepat untuk melengkapi pernyataan rumpang
yang diberikan.
Soal :
35.
The purpose of
writing the text above is …
A. to
amuse the readers.
B. to
advertise a tourism object.
C. to
retell the writer’s experience.
D. to
describe the view in Lombok.
Jawaban : C
Pembahasan :
Dari
purpose pada pertanyaan, jelas soal menanyakan tujuan penulisan teks. Karena
teks tersebut recount, maka tujuan
penulisan yang paling tepat adalah C.
Indikator
SKL :
Menentukaninformasirinci tersurat.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks recount, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang tepat
untuk melengkapi pernyataan rumpang yang
diberikan.
Soal :
36.
Jane did not
join diving with the writer because …
A. the
weather was hot at that time.
B. she
had a bad experience with sea animals.
C. there
were some fishermen catching the fish.
D. she
preferred to wait for the writer at the seashore.
Jawaban : B
Pembahasan :JawabanmengapaJane
tidakikutmenyelamdapatdibacapadakalimatShe did not want to dive because she
had a trauma with sea animals.JadipilihanB yang paling benar.
IndikatorSKL : Menentukanmakna kata.
Indikatorsoal : Disajikansebuahteksrecount,
siswadapatmenentukanjawaban yang tepat untuk melengkapi pernyataanrumpang yang
diberikandenganmakna kata berdasarkankontekskalimatnya.
Soal :
37.
“It was a fantastic
journey that I ever had.” (last paragraph)
The underlined
word is similar in meaning to …
A. meaningful.
B. wonderful.
C. interesting.
D. amazing.
Jawaban : B
Pembahasan :
Berdasarkankalimat
yang disajikandalamsoal, makaartifantastic
yang paling tepatadalahpadajawaban B. Jawaban yang lain-lainnyatidakcocok.
IndikatorSKL : Menentukan informasi tersirat.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks recount, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang tepat untuk
melengkapi pernyataan rumpang yang
diberikan.
Soal :
38.
We can conclude
from the text we know that the hotel they stayed ini …
A. had
geckos farm.
B. was
not luxurious.
C. served
lunch and dinner.
D. onlyhad
bungalow.
Jawaban : B
Pembahasan :
Dari paragraf 2,
terutama informasi tentang harga sewa dan keadaan di dalam ruang yang bertokek,
kita dapat meyimpulkan bahwa tempat mereka menginap bukan hotel mewah.Jadi
pilihan B yang paling benar.
Read the text
and answer questions 39 to 42.
A man with his donkey
carrying two sacks of wheat was on his way to the market. After a little
while he was tired and they rested under a tree.
When he woke up from his
nap he could not see the donkey and started searching for the donkey
everywhere. On the way he met a boy, he asked the boy, “Have you seen my
donkey?” The boy asked, “Is the donkey’s left eye blind, his right foot lame
and is he carrying a load of wheat?” The man was happy and said, “Yes,
exactly! Where have you seen it?” the boy answered “I haven’t seen it.” This
made the man very angry and he took the boy to the village chief for
punishment.
The judge asked, “Dear
boy, if you had not seen the donkey, how could you describe it?” The boy
answered, “I saw the tracks of a donkey and the right and left tracks were
different from this. I understood that the donkey that passed there was
limping. And the grass on the right side of the road was eaten but the grass
on the left was not. From that I understood that his left eye was blind.
There were wheat seeds scattered on the ground and I understood that he must
have been carrying a load of wheat. The judge understood the boy’s cleverness
and told the man to forgive the boy.
|
IndikatorSKL : Menentukan informasi tersirat.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat untuk
melengkapi pernyataan rumpang dengan informasi yang tersirat berdasarkan teks
tersebut.
Soal :
39.
The text shows
that the boy knew about the donkey based on …
A.
the
clues that he saw.
B.
the words
which people said.
C.
the report
made by passers by.
D.
the people
who told him.
Jawaban : A
Pembahasan :
Soalmenanyakantentanginformasitersirat.Sesuainamanyainformasiinitidakterterajelasdalamtekstetapikitadapatmengetahui
jawabanituberdasarkan clue (petunjuk) darikalimat-kalimat yangdipakai.Jawabanyang
paling cocokadalah A.
Indikator
SKL :
Menentukanrujukan kata.
Indikator
soal :
Disajikan sebuah teks narrative, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan yang tepat tentang rujukan kata dalam
kalimat berdasarkan konteks kalimat yang diberikan.
Soal :
40.
“…and I
understood that he must have been carrying a load of wheat.”
What does the underlined word in the
sentence refer to?
A.
The donkey
B.
The traveler
C.
The man
D.
The
village chief
Jawaban : A
Pembahasan :
Sesuaikontekskalimatdalambacaan,
katahe mengacupadathe donkey.
Indikator
SKL : Menentukan nilai moral.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang nilai
moral yang tepat berdasarkan teks yang diberikan.
Soal :
41.
What lesson can
we learn from telling the story?
A.
Punishment
should be done as soon as possible.
B.
Law
enforcement must be done to everyone.
C.
We should not jump into conclusion quickly.
D.
We must
not belittle people especially children.
Jawaban : C
Pembahasan :
Berdasarkanisicerita di atas, jelas
orang laki-lakiitulangsungsajamenyalahkansianaktanpamemperhitungkankebenarannya.TapisetelahdiadiliternyatasiAnaktidakbersalahataukurangtepatbiladisalahkan.Inimengajarikitabahwasebaiknya
orang janganterlalucepatmenuduh orang lain tanpabukti-bukti yang cukup. Jadijawaban
C yang paling benar.
IndikatorSKL : Menentukan makna kata.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks naratif, siswa dapatmenentukan jawaban yang tepat untuk melengkapi
pernyataan rumpang yang diberikan dengan makna kata berdasarkan konteks
kalimatnya.
Soal :
42.
“Is the donkey’s
left eye blind, his right foot lame and is he carrying a load of
wheat?” The underlined word means that
the donkey’s right footwas…
A. very
strong.
B. unable
to walk.
C. very
weak.
D. all
right.
.
Jawaban : B
Pembahasan :
Berdasarkan
kalimat yang disajikan dalam soal, maka arti lame yang paling tepat adalah pada jawaban B. Jawaban yang
lain-lainnya tidak cocok.
WHERE DO HIPPOS
LIVE?
River hippos live half their
lives in water. They … (43 ) and let the water carry their great weight.
They … (44) sink completely below the surface, however. Instead, they
paddle around with the tops of their heads sticking out of the water. A
river hippo’s eyes, ears, and nose are all at the top of its head. It can
breathe and see what’s going on even while most of its body is below water.
If it has to, a river
hippopotamus can go underwater and hold its breath for as much as half an
hour. River hippos can swim underwater, or walk on the river bottom. Pygmy
hippos can swim, too, but they spend … (45) time in the water. They stay
mostly on the riverbanks.
|
Indikator SKL : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks reportdengan empat
rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
43.
A. dive
B. sink
C. drown
D. float
Jawaban :D
Pembahasan :
Berdasarkan kata-kata dalamkalimatjelas Hippo mengapung di air
bukannyatenggelam, terbenamataumenyelam. Jadijawaban D yang paling tepat.
Indikator SKL : Menentukan kata
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report dengan empat rumpang siswa dapat menentukan
kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya.
44.
A. usually
B. rarely
C. always
D. often
Jawaban : B
Pembahasan :
Berdasarkan kata-kata
dalamkalimatdanpengalamankitatentangHippo sewaktu di air jelas kata keterangan
yang tepatdipakaiadalah B. JadijawabanB yang paling tepat.
Indikator SKL : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report dengan empat
rumpang siswa dapat menentukan kata keterangan jumlah yang
tepatuntukmelengkapinya.
45.
A. less
B. more
C. longer
D. further
Jawaban : A
Pembahasan :
Soalterkaitdenganjumlahwaktuberada
di air bagi pygmy hippo.Berdasarkan kata-kata dalamkalimatdalamteksmakakeberadaan
hippo jenisinilebihsedikitberada di air.JadijawabanA yang paling tepat.
Indikator SKL : Menentukan kata
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report dengan empat rumpang siswa dapat menentukan
kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
A Dog and a Cock became
great friends. One day they travelled together. At night they sleep in the
forest. The Cock perched himself on
the (46).... of a tree, while the Dog found a bed beneath in the hollow
trunk. When the morning dawned, the
Cock, as usual, crowed very (47)... several times. A Fox heard the sound, and wanted to eat
the cock as breakfast. He came and stood under the branches, saying how (48)...
his voice was and he wanted to meet the cock.
|
Indikator SKL : Menentukan kata
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks narrative dengan empat
rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
46.
A. roots
B. trunks
C. leaves
D. branches
Jawaban : D
Pembahasan :
Berdasarkan
kalimat yang dirumpangkan jelas yang hilang adalah kata benda yang menunjukkan
bagian dari sebuah pohon. Dengan clue
dari kalimat ‘…they sleep
in the forest. The Cock perched himself
on ...’ maka kata benda yang tepat adalah D.
Indikator SKL : Menentukan kata yang tepat
untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan sebuah teks narrative dengan empat rumpang siswa
dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya
47.
A. Loud
B. aloud
C. loudly
D. loudness
Jawaban :C
Pembahasan : Untuk melengkapi teks tersebut diperlukan
kata adverb of manner untuk
menjelaskan kata kerja crowed,
sehingga kata yang tepat untuk melengkapinya adalah loudly.
Indikator SKL : Menentukan kata yang tepat
untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks narrative dengan empat
rumpang siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.
48.
A. soft
B. loud
C. hard
D. beautiful
Jawaban : D
Pembahasan :
Dari
kalimat ‘A Fox heard
the sound, and wanted to eat the cock as breakfast.’ Jelas foxakan memakan the cock sehingga the fox
memuji suaranya, maka kata sifat yang tepat untuk melengkapinya beautiful.
Indikator SKL : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks narrative dengan empat
rumpang siswa dapat menentukan kata ganti benda yang tepat untuk melengkapinya.
Indikator
SKL : Menentukan
susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraph yang kohiren.
Indikator soal : Disajikan
sejumlah kalimat yang diacaktentangsesuatu, siswadapatmenentukansusunankalimat
yang tepatuntukmembuat paragraph yang kohiren.
49.
Arrange the
following sentences into a good paragraph.
1.
Skateboarders
skated on streets or sidewalks.
2.
In the
beginning, skateboarding was simple.
3.
Today’s skaters are
like flying acrobats.
4.
What secret
powers do these skateboarders have?
5.
Doesn’t gravity
apply to them?
6.
They leap, skid
over obstacles, flip, and turn at amazing speeds.
7.
Their most
exciting trick was to slide down the top of a hill.
8.
The answer is
simple: understand the laws of physics.
A. 2-1-3-7-4-6-5-8
B. 2-7-1-6-3-5-4-8
C. 2-6-7-1-5-8-4-3
D. 2-1-7-3-6-4-5-8
Jawaban : D
Pembahasan :
Kalimatmembahastentang
skateboarding danpemainnya di
waktulampaudanmasakini.Berdasarkanurutanwaktudankalimat-kalimat yang menjelaskandan
yang dijelaskanjelassusunan yang paling kohirenadalahpadajawaban D.
Indikator SKL : Menentukan
susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
Indikator soal : Disajikan
sejumlah kata yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kata-kata yang tepat
untuk membuat kalimat yang bermakna.
50.
Arrange the
words to make a meaningful sentence.
Forty – let
– minutes – for – the chicken – in – the
seasoning – marinate – about
1
2 3 4
5 6 7 8 9
A. 2-5-1-3-8-9-6-7-4
B. 2-5-8-6-7-4-9-1-3
C. 2-8-5-7-6-9-4-1-3
D. 2-6-5-8-4-7-9-3-1
Jawaban : B
Pembahasan :
Kalimatyang hendakdisusunberbentukkalimatperintah.Berdasarkanarti
kata-kata yang ada di kalimatitujelassusunan kata yang paling
bermaknaadalahjawaban B.
Komentar
Posting Komentar