E-Learning SBM

E-Learning SBM

Berikan pendapat/opini anda mengenai kasus SBM dibawah ini:

  1. Jika anda guru di SMK: kemudian terdapat siswa yang memiliki kecenderungan disleksia dan hiperaktif sedangkan jumlah peserta didik anda ada 36 siswa dalam 1 ruangan. Sementara yang ada ajarkan mengenai zakat. Lalu strategi belajar mengajar apa yang ada gunakan, pendekatannya apa, gaya mengajarnya bagaimana, metode ajarnya apa, medianya, bahan ajarnya, langkah-langkahnya, pengelolaan kelas akan berbentuk apa? Kemudian bagaimana strategi mengatasi siswa yang hiperaktif atau menanggulangi kenalan siswa didalam ruangan
  2. Tugas guru agama islam salah satunya adalah sebagai konselor bagi siswanya. Lalu, apakah anda akan mampu menanggapi jika peserta didik anda memiliki masalah?bagaimana anda menempatkan strategi belajar mengajar bagi siswa yang memiliki problem/masalah. Apakah akan menggunakan SBM secara klasikal atau individual?
  3. Kelas anda dalam keadaan ribut sekali dan anda mengajar dijam terakhir dan seusai mata pelajaran eksakta matematika, siswa kalian juga males dengan PAI, apa yang akan anda lakukan agar KBM dapat berlangsung dengan maksimal dan optimal?
  4. Critakan impian anda jika anda menjadi guru PAI, mulai dari penampilan, pemikiran, dan strategi mengajar untuk SD, SMP, dan pondok pesantren.

SILAHKAN DIJAWAB SESUAI DENGAN PENDAPAT SENDIRI, AGAR TERBIASA MENYELESAIKAN MASALAH TANPA MASALAH DALAM STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PADA MAPEL PAI BAIK DI SD, SMP, SMA, DAN PONDOK PESANTREN

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentari soalnya ya guys, bukan yes or no...yang dibutuhkan analisis masalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang mas yunus y, tgl 7 menit lagi dan kelas d bru 2 org yg jawab, okk e learning ny msh saya tunggu untuk kelas d

      Hapus
  3. 1, dikasih tugas untuk mghitung zakat.
    (Suyatno 115048)

    BalasHapus
  4. 2. Tetep mggunakan sbm scara klasikal supaya yang lainnya tdk terabaikan dan individual khusus utk yg bermasalah.
    3. Supaya tetap kondusif pd jam terakhir dikasih pertanyaan , tugas atau mmecahkan suatu teka-teki.
    4. Berpnampilan yang wibawa, menjaga muru'ah dan istiqomah mengajar, ibarat telur itu diangkremi supaya menetas dg baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nim.115044
      1. Strategi yang digunakan bisa menggunakan resiprokal. Karena dengan strategi belajar tersebut anak didik akan lebih paham. Sedangkan yang hiperaktif itu harus diberikan pembelajaran yang khusus agar lebih paham. Dengan cara menggunakan media pembelajaran resiprokal.
      2. Saya sebagai guru akan menangani anak didik dengan cara mendekatinya.
      3.cara saya untuk mensikapinya yaitu dengan memberikan pembeljaran yang efesien dan kondusif.
      4. Jika saya seorang guru sd maka strategi yang saya gunakan adalah dengan cara memberi pengertian dengan cara power point yang gambar. Dan jika saya guru smp cara mengajar saya adalah dengan cara berdiskusi

      Hapus
    2. mendekatinya,, pada waktu apa mas,,,,,
      bagaimana caranya

      Hapus
    3. Membuat para siswa nyaman dengan guru.. itu akan membuat siswa menikmati pmbljaran

      Hapus
    4. Yulfiana (115139)
      mas wahyudi seumpama anda menggunakan cara lebih khusus untuk anak hiperaktif menggunakan cara resiprokal apakah anak akan bs menerima klo bisa saya minta solusinya dong ...apalagi klo buat anak usia kls 4 sampai kls 6 .karena di usia tersebut anak2 akan lebih hiperaktif ....trus buat yang no dua ..kalo seumpama kita menggunakan cara mendekatinya apakah anak tersebut langsung bisa menerima kita, tentu nya sikap anak2 itu berbeda karakter ada yg langsung terima ada yg tidak .....klo anda menjawab mendekati saya mau tanya solusi apa yg ada gunakan klo anak itu tidak bisa menerima kita dikarenakan anak itu karakternya tertutup

      Hapus
  5. 4. Impian menjadi guru PAI
    , berpenampilan menarik, pemikiran yang strategis sesuai materi yang diajarkan agar siswa dapat mudah memahami, strategi belajar kooperatif, artinya siswa diberi kebebasan dalam berpendapat sesuai apa yang dibahas,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Menarik" kaya cari mertua hehe..

      Hapus
    2. wah,,,, gitu juga bisa pak,,,, hehehe

      Hapus
  6. 1.gaya mengajar latihan atau praktik langsung

    BalasHapus
  7. Islah (115040)
    3. Melakukan ice breaking terlebih dahulu. Agar siawa tidak tegang dalam mapel PAI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelas ribut malah ice breaking?? Gak ada yg mau ikut

      Hapus
    2. saya setuju mas,, intermezzo geh,,,
      agar siswa tidak jenuh,,,,,

      Hapus
  8. 3. Intermezzo dulu ,, supaya siswa kondusif,, tapi dalam intermezzo tersebut,, mengarah pada pelajaran yang diAJARKAN,,, OK
    2. Tetap Menggunakan SBM,, nanti di sela waktu ,kita bahas permasalahan tersebut bersama-sama
    1. menanggulangi siswa di kelas ,, kita beri tugas aja,, dengan menekan siswa tersebut tapi secara halus,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menekan secara halus?? Iku ora menekan jengene, ngelus2

      Hapus
    2. Anda sebenarnya ini paham atau tidak dengan pembahasan di atas,,,
      , menekan disini artinya,, memberikan pengaruh kepada siswa agar siswa dapat mengerjakan apa yg diperintahkan atau diitugaskan
      ,kalo ngelus'' kui tugasem nus,,,,,hhhhh

      Hapus
    3. Siswa itu jangan ditekan mas,, nanti jiwanya menjadi tertekan..

      Hapus
  9. 4. berpenampilan menarik ,sehingga murid tidak memandang sbelah mata, ,,menggunakan gaya mengajar resiprokal (media).......supaya anak tidak merasa bosan /jenuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik itu terlalu general tolong dispesifikan ya...

      Hapus
    2. Guru yang selalu berpenampilan menarik bukan berarti guru itu harus cantik atau ganteng, ,,,dan murah senyum serta sabar. Menjaga penampilan yang menarik, rapi membuat murid merasa betah dengan guru. Begitupun dengan senyum, murid yang yang ‘bermasalah/nakal’ akan luluh dan akan menyukai guru yang suka senyum dengan tulus dan sabar.

      Hapus
    3. Guru yang selalu berpenampilan menarik bukan berarti guru itu harus cantik atau ganteng, ,,,dan murah senyum serta sabar. Menjaga penampilan yang menarik, rapi membuat murid merasa betah dengan guru. Begitupun dengan senyum, murid yang yang ‘bermasalah/nakal’ akan luluh dan akan menyukai guru yang suka senyum dengan tulus dan sabar.

      Hapus
    4. Yulfiana (115139)
      iya jawaban mbk laily inayah sangat bagus tp mbk dalam kenyataanya klo sikap guru tersenyum tulus,sabar tidak suka marah .kadang anak2 malah salah mengartikan sikap guru dan kadang malah membuat murid tidak takut dan kadang sampai membuat murid sampe2 tidak takut klo tidak mengerjakan PR ...lalu menurut anda harus bagaimana kalo ada masalah tersebut

      Hapus
  10. Muhammad Yunus NIM 115225
    1. Saya akan mengajar dengan mencontohkan dan memberi gambaran yang nyata kpd siswa. Saya akan membawa beras 2,5 kg dan mencontohkan caranya berzakat. Anak yg nakal atau hiperaktif akan saya atasi dengan menjadikannya tokoh utama, yakni sebagai orang yang menerima zakat.

    2. Klasikal, karena menghemat waktu

    3. Dijam terakhir tentu bukan siswanya saja yg bosan, saya sebagai guru juga sudah pasti bosan, saya akan mempertontonkan film kepada siswa, film yang menarik dan bermanfaat. Setelah itu saya baru memberi materi, itupun kalau filmnya sudah habis..

    4. Saya akan berpenampilan semenarik mungkin sehingga mereka tertarik kpd saya. Strategi mengajar tentu beda antara sd, smp ataupun pondok. Yang penting tetap kondusif dan terkendali. Pelajaran tersampaikan, dan anak2 senang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dsesuaikan dengan keadaan langsung aja

      Hapus
    2. jawaban kok hanya "Y",, gak spesifik namanya mas

      Hapus
    3. Anda faham apa nggak mas?? Kalau klasikal kan bersama2 jadi lebih hemat waktu., misal yang bermasalah 100 orang, tetapi pakai individual,, yaa luaamaaa

      Hapus
  11. 2.untuk yang bermasalah dibina secara khusus

    BalasHapus
  12. Nur Chalimatus Sa'diyyah
    115043
    4. Dengan gaya dan penampilan menarik .dan strategi mengajar yang nyantai tapi tetap serius agar pembelajaran tudak tegang

    BalasHapus
  13. 2.untuk yang bermasalah dibina secara khusus

    BalasHapus
  14. Chalim (115043)
    3. Sebelum mulai pelajaran bisa di adakan intermeso terlebih dahulu .agar tidak ngantuk dan cenderung membosankan .dan agar bisa belajar kondusif

    BalasHapus
  15. 4. Berimpian untuk menjadi guru yang tidak hanya memberi contoh saja tapi juga mencontohkan nilai-nilai yang baik.
    Berpenampilan sederhana tetapi enak dipandang mata
    Berpikiran progres

    BalasHapus
  16. Nama:latif aliyatun ni'mah
    NIM. :115038
    Kelas.: D

    1.dlam mngatasi siswa yng nkal dan hiperaktif dlam peljran klas, gru hrus kras kpd siswa yng nkal dn hiperaktif dengan siswanya d sruh mencari mcam" zkat atau d sruh mmbca materi tentng zkat d dpan klas ..

    BalasHapus
  17. 1. Saya akan memakai media lcd projektor menontonkan film tentang hikmah zakat,orang yang kaya karena zakat.biasanya anak smk suka duniawi,suka kekayaan.dan jika ia sudah menonton maka ia akan termotivasi untuk berzakat dan mempelajari zakat.

    2. Klasikal, karena dengan kebersamaan yang bermaslah tidak merasa sendiri

    BalasHapus
  18. 3. Saya akan memulangkan mereka jika memang sangat tidak bisa diatur.
    4. Saya tentu berpenampilan sopan rapi dan keibuan. Krena guru yang baik adalah mampu melindungi siswanya

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Cek son
      Nor lailatus saadah 115042

      Hapus
    3. 1. penyampaian teori, praktik (sekedarnya, tak melpaui batas normal)
      dihawatirkan timbul perbincanganyg tidak di inginkan.
      2. sudah pasti indifidual.tergantung juga Dg permasalahan tersebut. sedalam apakah permasalahan yg perlu diselesaikan itu?
      3. diajak ribut juga. namun keributan yg bermanfaat. :p
      4. sudah pasti simple. yg penting sesuai dg kaidah tatacara apa bila kita menjadi mualim/guru.

      Hapus
  20. 2.Jika saya menjadi guru islam,,dan siswa saya ada yang bermasalah akan saya atasi dengan SBM individual,,, karena jika klasikal akan sulit untuk memahami karakter perorangan, kalau seorang anak di dekati dan d tanya apa masalahnya,, kemudian d beri solusi
    gimana penyelesaianya
    3. Jika kondisi seperti ini maka saya akan membuat hal baru yang menarik,,seperti ice breaker ,atau pengajaran lain seperti games yg berkaitan dgn mata pelajaran agar siswa tidak jenuh
    4. Jika saya jd guru pai saya ingin menjaga penampilan saya, lebih rapi dan berwibawa agar d hargai oleh siswa , saya ingin membuat SBM yg berganti setiap hari atau bisa d acak agar anak tidak bosan
    Nama Anissatur Rohmah
    NIM 115012
    Kelas c 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tertarik untuk mengajar dengan kurikulum 2013, saya ingin mengajar dgn riang jika utk anak SD , dan berwibawa jika sy jadi dosen , jk utk anak SMP dan SMA ingin tmpil bersahabt

      Hapus
    2. Saya tertarik untuk mengajar dengan kurikulum 2013, saya ingin mengajar dgn riang jika utk anak SD , dan berwibawa jika sy jadi dosen , jk utk anak SMP dan SMA ingin tmpil bersahabt

      Hapus
  21. Sholikul Hadi 115024
    mahasiswa paling imut
    2 ketika ada masalah dengan peserta didik saya akan menggunakan metode individual karena dengan metode tersebut kita dapat mengetahui secara detail masalah dari peserta didik tersebut sehingga nantinya peserta didik menjadi benar benar faham
    3 untuk mengatasi masalah keributan yang ada dikelas saya akan memberikan ice breaking terlebih dahulu kepada peserta didik lalu untuk pembelajarannya saya akan menggunakan game agar peserta didik bisa mengikuti pembelajaran dengan senang dan tidak jenuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. imutnya saja sudah kontrofersial, apa lagi klanjutanya :p

      Hapus
    2. loh calon guru paling imut kok haha

      Hapus
  22. 1.strategi yang bisa digunakan adalah latihanl karena dengan strategi ini sngat sesuai dengan prmsalahan trsbut.
    Adapun metode yg digunakan bisa menggunakan diskusi atau tutorial sebaya.
    Adapun medianya bisa menggunakan power point supaya dapt merangsang anak untuk mau mengikuti pembelajaran trsbut.
    2
    Akan menggunakan individual , supaya dapat memahami permsalahan si anak trsbut, jika kita sdh bisa mengetahui dan memahami mslh dr anak trsbut mk dengan mudah kita dpt mencari solusi atau memecahkan mslh yg dialami oleh si anak trsbut.
    3. Yaitu dengan menggunakan metode pmbljaran yg tepat , misalnya belajar dengan bermain matching card, itu kan sngat mengasyikan untuk bljar.
    Dan anak akan smngat kmbali dlm mengikuti makul PAI.
    4.tampilan saya akan saya percantik mksudnya dengan berpkaian yng rapi. Dan mempercantik diri saya demgan acsesoris yg pas.. Yaitu memakai jam tangan sepatu yg tidak terlalu tinggi, supaya trlihat mempesona dan berwibawa, hohoho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendekatan belum ada dan sbm belum pas karena yang disebutkan gaya mengajar

      Hapus
    2. pada ahirnya dalam tampilanpun akan menjadi berlebihan jika terlalu dibahas. cukup simple, namun berisi Dalam penyampaian pembelajarannya.

      Hapus
  23. Jika ssya mnjdi guru yg terahir sy akn mmbri motivasi kpd sswa sya berupa tanya jawab.. Nnti klo bisa tk kasi poin atau nilai..supaya mrk smngt n tdk ngntuk.. Krna gru sm sswa sma2 lelah biasany klo jm trhir.. Stlh itu sya puterin vdio klo anak2 ttg krtun cra sholt n sbgainy klo dewasa kisah prjuangn kuliah mgkin.. Spya mrk itu trmotivasi n tdk mngantuk bahkan rame.

    BalasHapus
  24. Aries Susanto 115013

    Untuk menjadi guru yang baik yang bisa dilakukan atas kasus di atas adalah
    1. guru harus bisa membuat kondisi kelas yang sekondusif mungkin
    2. Mendengarkan apa yang menjadi keluhan anak2 dan memberi solusi dan menerapkan dalam pembelajaran yang sesuai dengan siswa...
    3. Melakukan perjanjian dengan siswa
    4. Pendekatan saya gak hafal bu.. hhh maaf
    5. Impian menjadi guru yang menjadi idola para siswa yang dapat memberi motivasi.

    BalasHapus
  25. 3. Jika saya mngajar di jam terahir maka saya akan melakukan intermezo terlbh dahulu, agar semangat siswa" kmbali bergairah untuk mengukiti pljaran PAI yg saya ajarkan
    4. Jika saya mnjadi guru PAI, saya akan berpenampilan menarik, sopan tentunya, karna kita sebagai guru PAI harus dapat mnjadi contoh yg baik bagi siswanya,, kalo strateginya tentu berbeda dari masing" jenjang,, yg terpenting kita bisa memahamkan siswa dengan materi yang ada

    BalasHapus
  26. Luthfisari fadlilah (115019)
    2. Kita sebagai guru PAI.. Jika kita menemui masalah yang terjadi pada anak ddik kita. Kita bisa menggunakan secara individual.. Krena dengan cara individual kita bsa mendekati siswa dan menanyakan masalah ssungguhnya pada sswa tersebut. Krna siswa itu akan menceritakan masalahnya dengan tanpa sungkan. Sehingga dengan mndekati sswa tersebut guru akan mdah mmahami masalah yang dihadapi dan mdah mmberikan solusi. Krna jika kita menggunakan klasikal kita akan slit menemukan msalah apa yang dihadapi. Jadi ckup kira mnggunakan individual..

    BalasHapus
  27. Nor lailatus sa'adah 115042 kelas D
    1. Siswa diajarkan langsung bagaimana cara pembagian zakat
    2. Menggunakan klasikal, dan ditannya mempunyai masalah apa
    3. Sebelum memulai pelajaran guru bisa membukanya dengan ice breaking terlebih dahulu, supaya muridnya lebih fresh dan bisa memahami pelajaran PAI
    4. Menjadi guru PAI tentunya harus berpenampilan yang sopan, rapi supaya muridnya senang diajarnya, dan guru harus mempunyai wibawa, agar disegani.
    Strategi belajarnya disesuaikan dengan mata pelajarannya, dan tingkatannya.

    BalasHapus
  28. Yoyok Herumunajat 115029

    2. Harus mampu, karena itu lah tugas seorang guru harus mampu menyelesaikan masalah peserta didiknya. Adapun untuk SBM yang digunakan adalah secara individual, karena permasalahan setiap peserta didik pun berbeda-beda. Dan dengan SBM secara individual kita akan mengetahui secara rinci masalah yang dihadapi oleh peserta didik.
    3. Agar tenang siswa lebih tenang kita lakukan dulu ice breaking(entermezo), kemudian agar mereka tertarik dengan PAI tentunya kita buat gaya dan metode yang menarik.

    BalasHapus
  29. Zulfa Auliyatun N NIM 115050
    3. Agar dalam pembelajaran dapat optimal dan tidak ribut apalagi dalam pelajaran terakhir maka pembelajaran dapat di lakukan dengan melakukan group discussion dengan memberikan soal.Atau pada materi PAI seperti mapel SKI yang berisi sejarah dapat dengan memberikan pelajaran menggunakan video karena berisi sejarah maka akan lebih mudah dengan media visual bukan hanya memberikan materi dengan ceramah saja agar siswa tetap fokus.

    BalasHapus
  30. Pengumuman,, sok jumat libur.

    BalasHapus
  31. 1 Strategi Kooperatif, pendekatannya Student Centre Approach, gaya mengajarnya Konvergen, metode ajarnya diskusi/ demonstrasi, medianya Power Point, papan tulis dan spidol, bahan ajarnya, langkah-langkahnya salam apersepsi membuat grup lalu diskusi atau salam apersepsi menyuruh satu anak untuk maju mendemonstrasikan , pengelolaan kelas akan berbentuk llatter U atau O, strategi yang digunakan untuk mengatasi murid yang hiperaktif dia disuruh untuk mendemonstrasikan pembelajaran kemudian anak disleksia memperhatikannya

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. 4 Penampilan rapi dan sopan memakai peci biar tambah imut, pemikiran islamic dan filosofis strategi mengajar kooperatif agar peserta didik turut aktif dalam pembelajaran dan tidak menjadikan kejenuhan dalam kelas

    BalasHapus
  34. 3. Menjadi guru matemtka mmang btuh kesabaran yang besar apalagi pada jam terakhir. Siswa bosen guru pun kdang jga. Krna jam terakhir. Otak kita sdah lelah untuk berfikir.. Maka sebaiknya sbelum kita memulai pelajaran . Kita lakukan ice braking. Biar sswa tumbuh semngat.. Setelah itu kita bsa menggunakan games ttapi ttap bersangkutan sama pelajaran. Biyar sswa tdak bosen..

    BalasHapus
  35. Iya akan saya voba jwb knali..yang nomer 1 bu heni cantik..
    Pendekatan yang digunakan yaitu teacher center approuch
    Sbm menggunakan active knowledge sharing. Gaya yang tepat yaitu latihan . metode kooperatif.
    Langkah" yaitu mengucapkan slam, mengabsen , bertanya kabar siswa, kemudian membuka dengan doa menggunakan ice breaking dan melakukan doa bersama", kemudian pembelajaran inti,
    Penutup, dengan mengulas kmbali materi yg diajarkan dg beberapa pertanyaan, dan mengiformasikan materi slnjutnya untuk minggu depan.
    Kemudian doa penutup.
    Media pembljran menggunakanpower point.
    Pengelolaan kls akan berbentuk leter U untuk setiap klompok.

    BalasHapus
  36. 2.masih mnggunakan SBM klasikal agr bsa bljar brsama dngan merta ,dan mndekti murid yng mmpunyai mslah agar tahu permslhan pda murid itu dn mnyelesaiknnya..
    3.agar bljar dngan lncar dn tdak tdk bosen ..gru bsa mmberikan pertanyaan kpd ank atau bsa d lkukan dngan bedek an ..
    4.jika sya mnjadi gru PAI .sya akn berpnampilan dngan baik yng islami dan tentu sya akn berfkiran scara baik dngan tuntutan islam agr ank didk bsa mnerima dan mnjadi agar d anut olh ank ddik kta ..

    BalasHapus
  37. 2. Dalam guru PAI yg perfesional tentunya saya harus mampu menanggapi peserta yang mempunyai masalah. Menurut saya SBM yg cocok untuk peserta didik yg mmpunyai problem adalah individual.krn siswa trsebut pastinya dlm berfikir berbeda dg tmen yg lainnya. Jdi SBMnya harus secara khusus.
    3. Untuk mengatasi peserta didik yg konsentrasinya kurang gara2 masalah tersebut. Menurut saya agar muridnya itu semangat dlm mengikuti KBM lebih baik murid bercerita ntah bermain yg pnting muridnya itu terpancing agar semngat dlm mngikuti kbm.
    4.jika saya mengajar anak didik SD sy lbih mgutamakan pnampilan. Krn ank SD itu cnderung lbih suka bermain . sya akn mulai pmbelajaran dg salam lalu dlnjutkan doa. Dan stlh itu saya akan melakukan ice breaking semenarik mungkin agar siswanya itu senang dg KBM dg saya.
    Mungkin kalau tingkat MTS kekanak2kan siswa udah mulai brkurang jdi siswa akan saya ajak berfikir secara ilmiah. Dan dlm mngajar saya agak tegas

    Nama: ngartiyaningsih
    NIM : 115023
    Kls : c3

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Dlm mnghadapi siswa yg diskeksia dan hiperaktif lbih baik kita mnggunakan yaitu SBM kontekstual untuk siswa. Dan pendekatannya mnggunakan teacher center appraoud. Media yg digunakan adalah ppt agar lbh keren.
      Bhan ajarnya bermacam2 bisa dri intrnet, kemenag dll ssuai dg sikon.
      Lgkh2nya sya pertama pstinya mnggunkn ice breaking dlu untk memancing semangat siswa.

      Hapus
  38. Contohlah pada saya dek anis....
    Fashionable dan menggemaskan

    BalasHapus
  39. 4. Yang pasti kita harus mnjadi teladan yang baik bagi peserta ddik kita. Berpakaian rapi. Tertama guru cewek. Bsa mnyesuaikan wrna dengan apa yang kita pakai jadi tidak terlihat seperti pelangi. Hhhee.. Berwibawa.. Dan bsa menjadi teladan yang baik bagibpeserta ddik kita.. Dengan pemikiran yang jenius bertturkata yang bagus..hhhh..

    BalasHapus
  40. 2.jika siswa memiliki suatu masalah, kita sebagai guru PAI kita menggunakan pengajaran individual, dimana bisa lbih khusus memberi arahan,saran, bimbingan,Dan solusinya.Dan Alan mngalami kesulitan jika menggunakan klasikal, karena objeknya terlalu banyak Dan terkadang Yang mmeliki masalah tidak may masalahnya diketahui orang lain.
    3.sebelum melakukaan pengajaran diadakan, intermezzo untuk menghilangkan kepenatan para siswa. Seperti melakukan ice breaker
    4.jika jadi guru pai, pertama adalah menujukan akhlahulkarimah yg baik ,sebagai sebuah cerminan Yang sesuai dg peljran yg diampu. Dalam pakain sederhana tetapi rapi, pemikiran mngaplikasikan sesui dengan ajran yg bersumber dari al-quran Dan al sunah, Dan mengikuti perkembangan yg Ada.
    Sulistiyo
    115026
    Klas c4

    BalasHapus
  41. Jika babnya zakat dan ada anak yg dislsksia sy akn gunakn pndktan teacher center, karena menyesuaikn yg ksulitn mmbaca, sy akan mngjarnya lewat pelafalan niat zakat jika ia kesulitan mmbaca mka lafalnya bisa d buat audio, SBM nya saya pilih listening team, kelas sy buat membundar agar bisa memahami sy sbg pusat dr siswa, gaya mengajar sy pilih resiprokal agar anak bisa pham dgn materi zakat, jika materinya sulit d terima oleh penderita disleksia mungkin akn mudah jika dgn lagu agar tidak jenuh buat yg lain. Untuk anak hiper aktif sy pilih SBM active knowledge sharing agar anak tsb tidak mrasa tertekan, anak yg spt itu suka jika dunia imajinasinya d buka, dan bisa mnggunaka metode grup debat agar meningktkn daya pikir, pendekatanya student center saja, kelas d buat saling berhadapan agar bisa memahami pembicaraan antar teman

    BalasHapus
  42. Yoyok herumunajat
    115029

    4. Penampilan sesuai dengan tempat mengajar dan sopan santun, pemikiran maju bersama peserta didik dan sesuai kemajuan iptek, SBM yang digunakan sesuai jenjang yang dibimbing, karena perkembangan jiwa peserta didik berbeda pada jenjang masing2

    BalasHapus
  43. Itu yg nomor satu dari anissatur rohmah, 115012

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Elina mufidah 115033
    1. Saya akan memberikan tugas menulis kembali tentang bab zakat
    2. Individu, biar lebih menjurus ke anak
    3. Ditayangkan film
    4. Berpenampioan sopan santun agar bisa jadi contoh

    BalasHapus
  46. 2. Mampu ,!!!!!
    Untuk SBM.nya saya akan menggunakan SBM secara individual,, karna muritnya banyak, dan klasikal jika ada salah satu siswa yg bermasalah, nuweemen,,, supaya saya dapat mengetahui apa permasalahannya secara detail

    BalasHapus
  47. Menurut saya SBM yg cocok untuk peserta didik yg mmpunyai problem adalah individual.krn siswa masing2 mempunyai pemikiran yang berbeda. Jdi SBMnya harus secara khusus.
    3. Untuk mengatasi peserta didik yg konsentrasinya kurang gara2 masalah tersebut. Menurut saya agar muridnya itu semangat dlm mengikuti KBM lebih baik menggabungkan strategi dengan materi
    4. Penampilan itu utama dalam mengajar. Karena itu akan menjadi sesuatu yang istimewa tersendiri. Salah satunya bisa menjadi penarik siswa untuk suka pada guru. Jadi selain profesional dan cerdas... harus juga fashionable... tapi tetap sederhana dan sopan

    ARIES 115013 C4

    BalasHapus
  48. 3. Dengan mnggunakan ice brking biar sswa tidag tegang stlah itu kita mmberika video atau dengan game biar sswa tdak jenuh.. Hhhh
    Luthfisari (115019)

    BalasHapus
  49. 1. Dengan mnggunakan penfekatan studen center approach. Dan gaya mengajarnya konvergen. Metodenya mnggunakan diskusi. Media PPt.papan tlis spidol atau yang lainya. Sswa yang hiperaktip disuruh untuk presentasi didpan dan yang satu memdengarkan dengan berkelompok seperti later U atau O..

    BalasHapus
  50. Yoyok Herumunajat 115029
    1. SBM yang digunakan kooperatif
    Pendekatannya student centre approuch karena ada penyandang disleksia bisa dibantu temannya.
    Gaya mengajarnya konvergen dijelaskan guru terlebih dahulu kemudian temannya bisa membntu yg lain.
    Metode pengajarannya praktik
    Media ppt dan video
    Bahan ajar buku PAI, buku lain yag mendukung
    Langkah2 salam, motivasi, pptx atau video, praktik pembagian zakat dan kesimpulan.
    Bentuk duduk kelompok kecil

    BalasHapus
  51. vatonah 115028
    1. Kalau seperti itu masalahmya maka pendekatan yang digunakan adalah student centre approach karena dalam hal ini diharapkan siswa dapat lebih aktif dari guru. SBM yang digunakan adalah kooperatif. Gaya mengajarnya bisa menggunakan konvergen atau kepemimpinan... dengan dimulai pertanyaan. metode yang digunakan adalah demonstrasi dan praktik
    Medianya menggunakan papan tulis, gambar, ppt, dan suara
    Bahan ajarnya Buku LKS PAI,
    Langkah langkah yang akan di gunakan .. di mulai dengan salam, setelah itu mendemonstasikan tentang bab zakat beserta contohnya, lalu menyuruh murid mempraktikkan secara langsung dan mendemonstrasikan pada temannya, setelah itu diskusi kecil, di tutup
    Bentuk kelas dibuat melingkar

    BalasHapus
  52. 2. SBM yang akan saya gunakan adalah individual.. Karena kalo menggunakan klasikal tidak memungkinkan berinteraksi dengan murid satu persatu. Dengan individual maka kita dapat secara langsg berinteraksi dengan satu murid itu, fdan dapat mencoba memecahkan masalahnya.
    3. Pertama adalah menertibkan semua siswa, setelah itu ice breaking untuk merefreskan otak murid setelah pelajaran matematika.. setelah itu memulai pelajaran
    tapi di selengi dengan ice breaking atau guyonan kecil agar tidak jenuh..
    4. Impian saya bila menjadi guru PAI adalah berpenampilan yang berwibawa dan menarik. Pemikiran cerdas, objektif dan kreatif sehingga dalam mengajar mudah di pahami siswa. Strategi mengajar sesuai dengan suasana dan keadaan kelas

    Vatonah 115028
    kelas C4

    BalasHapus
  53. Nama: Abdul azis fikri
    Nim: 115010
    Kelas: C/4

    1) strategi yg saya gunakan koperatif. Pendekatan theacher center eprouch. Gaya mengajar diskusi. Bentuk kelas kadang saya rubah. Bisa sejajar bisa O dan lain2. Media saya gunakan power poin dan papan tulis. Untuk anak yg hiperaktif saya jadikan komando agar dpt menjadi contoh bagi yg lain

    2) saya akan menggunakan individual. Krn dengan lebih memahami masalah anak tersebut maka kita akan lebih tahu langkah yg tepat untuk menangani masalah tersebut.

    3)terjadi keributan dalam kelas krn terjadi kejenuhan terhadap murid murid. Hal yang saya lakukan adalah menghilangkan kejenuhan mereka dengan cara memberi ice breaker. Agar murid senang dan kembali bersemangat.

    4)bukan penampilan saja yg menarik tapi gaya mengajar yg menarik. Di sertai bercanda sedikit2. Agar tidak trjadi kejenuhan pada mereka. Dan saya dapat menjadi guru favorit bagi mereka. Dan agar keinginan saya tercapai. Yaitu menjadi pencerah bagi anak bangsa.

    BalasHapus
  54. Kelas c masih ada yang belum koment saya tunggu, sebelum kelas yang e,f,h mulai e-learning

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Nama: Nailis Su'udah
      NIM : 115022 C/4
      1. Strategi belajar mengajar yang saya gunakan adalah kooperatif, Pendekatan kontekstual dengan prinsip untuk memberdayakan siswa bukan mengajar siswa, gaya mengajar personalisasi siswa harus dipandang sebagai seorang pribadi yang mempunyai potensi untuk dikembangkan, metode ajarnya diskusi, bahan ajarnya visual salah satunya yaitu lembar kerja siswa karena dengan lembar kegiatan siswa dapat membantu siswa menambah informasi tentang materi yang saya ajarkan. langkah2 saya nanti yg prtama dengan mengamati siswa dan melakukan tanya jawab dengan seperti itu sya sbgai guru dapat membantu siswa yang kesulitan memahami soal zakat, stelah itu saya akan menyuruh siswa untuk mempraktekkan tentang zakat baik secara langsung atau melalui tes sperti mengerjakan soal. pengelolaan kelas akan saya bentuk formasi corak tim karena siswa begitu banyak 36 jadi sangat sulit skali menemui siswa yg sprti ini, mmbuat pnglompokkan meja2 setengah lingkaran diruang kelas, agar memungkinkan saya bisa interaksi antar kelompok. Strategi saya dlm menanggulangi anak yang hiperaktif mgkin kok dengan mnggunakan audio visual karena dapat mencapai semua indera pada saat yang sama. hehe
      2. Harus mampu bu.. guru PAI hrs mmpu menghadapi kenyataan apalagi masalah siswanya, sya menggunakan metode pembeljaran individual karena dapat menawarkan solusi terhadap masalah yang dimiliki siswa, klo kita bersifat hangat terhadap siswa kita insyaAllah siswa kita menceritakan maslahnya dan sya sbgai guru akan senang jika bisa membantu.
      3. Jika murid saya pening mengikuti pljrn PAI sbgai pembukaan sprti yang d ajarkan bu heny ice breaking bu kyaknya dengan mlkukan ice breaking kelas saya kok semangat atau saya akan sedikit bercerita, biasanya sambil bercerita siswa antusias untuk mndengar, lha di sela2 cerita tersebut kita sisipkan pelajran2 biasane ngniku mboten ketoro buu tapi pembljran tetap efektif.
      4. Impian saya menjadi guru PAI yang berwibawa, berwibawa untuk dicintai bukan untuk ditakuti hehe, soal penampilan saya suka yang simple n sopan. soal pemikiran setiap siswa psti mmliki potensi yang berbeda2 jd sya tdk ingin menyama2kan murid sya, krna sya sndri jg sprti itu, klo g bs pljrn yang sya ajarkan..saya y memaklumi, tapi stidaknya sya akan brusha agar siswa bisa jatuh cinta pada pljaran sya, setelah mulai cinta saya akan membuat pelajaran semenarik mungkin agar mereka tidak mudah bosan. n pokoke ramah bu. hehe

      Hapus
    3. Assalamualaikum ibu guru yang baik,menyenangkan, humoris dan di cintai banyak muridnya pastinya...hehe
      langsung saja bu...kalau menurut saya dalam mengatasai soal yang ke dua saya lebih mengutamakan menggunakan SBM klasikal dan didalam esensi SBM tersebut saya memasukkan sedikit dari SBM individual, artinya ketika dalam proses mengajar saya pertama menggunakan SBM klasikal...sebelumnya saya mengulang kembali pelajaran yang sudah saya ajarkan atau yang dinamakan apresepsi..kemudian barulah menerangkan materi yang selanjutnya dengan metode ceramah...tentunya dalam metode ceramah supaya anak didik tidak lupa dengan pelajaran yang sudah di pelajari, saya memasukkan sekaligus tanya jawab dalam ceramah tersebut...nahhh...jika memang nanti terjadi problem semisal anak didik sebagian tidak bisa memahami materi secara keseluruhan maka disini saya akan memasukkan SBM individual..bagi anak didik yang belum paham maka akan saya tekankan mengenai materi materi yang saya sampaikan hingga dia mampu memahami materi, sama seperti yang lain ..dalam hal ini SBM klasikal dan Individual saya campur adukkan sehingga kelemahan SBM individual dan klasikal bisa tertutupi dan saling melengkapi...
      Nama M.Khotibul Umam
      Nim 115021
      Kelas. C

      Hapus
    4. Assalamualaikum ibu guru yang baik,menyenangkan, humoris dan di cintai banyak muridnya pastinya...hehe
      langsung saja bu...kalau menurut saya dalam mengatasai soal yang ke dua saya lebih mengutamakan menggunakan SBM klasikal dan didalam esensi SBM tersebut saya memasukkan sedikit dari SBM individual, artinya ketika dalam proses mengajar saya pertama menggunakan SBM klasikal...sebelumnya saya mengulang kembali pelajaran yang sudah saya ajarkan atau yang dinamakan apresepsi..kemudian barulah menerangkan materi yang selanjutnya dengan metode ceramah...tentunya dalam metode ceramah supaya anak didik tidak lupa dengan pelajaran yang sudah di pelajari, saya memasukkan sekaligus tanya jawab dalam ceramah tersebut...nahhh...jika memang nanti terjadi problem semisal anak didik sebagian tidak bisa memahami materi secara keseluruhan maka disini saya akan memasukkan SBM individual..bagi anak didik yang belum paham maka akan saya tekankan mengenai materi materi yang saya sampaikan hingga dia mampu memahami materi, sama seperti yang lain ..dalam hal ini SBM klasikal dan Individual saya campur adukkan sehingga kelemahan SBM individual dan klasikal bisa tertutupi dan saling melengkapi...
      Nama M.Khotibul Umam
      Nim 115021
      Kelas. C

      Hapus
  55. Good answer, singkat padat, jelas. Contoh untuk kelas e, f,h yang belum mulai e-learning.look this....

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Nama: Ahmad Ansori
    Nim: 115121
    Kls/Smt: H/4

    1. Dgn sistem kooprativ pendekatan TCA dengan metode diskusi serta dengan proyektor power point, anak yg normal bisa jd kepala regu klompok dr tiap" anak yg krg mampu.
    2. Dengan individual, karena lebih memahami kondisi anak satu persatu dan lbh medalami keadaan anak tsb.
    3. Dengan memberikan suatu diskusi tanya jawab sehingga keadaan dpt dikuasai oleh guru pendidk. kemudian memberikan suatu evaluasi materi untuk mendalami penguasaan materi sehingga kondisi suatu kls bisa kondusif lg.
    4. Dari segi sudut pandang sbagaimana seorang guru, hrs memilki suat penampilan yg baik, dan yg sopan serta rapi, krn bagimanapun itu akan menunjukkan suatu kewibawaan dan kebijaksanaan dr seorang guru. lalu dengan model sbm yg elegan serta bervareasikan dengan vitur" yang dinamis serta harmonis juga dengan kreatiftas tinggi sehingga dpt menciptakan suatu pembelajaran yg edukatif, maka akan dapat menciptakan suatu sistem blajar yg memberikan suatu kepuasan bagi peserta didik dan dapat dikenang serta memberikan kesan dan pesan yg baik bagi pserta didik ketika msh dlm pembelajaran.

    BalasHapus
  58. 1. strategi belajar mengajar yang saya gunakan adalah strategi EKSPOSITORIS yaitu menekankan pada pemahaman siswa , karena disini siswa saya adalah siswa SMK maka tentunya mereka masih awam pengetahuanya tentang zakat, maka dari itu saya sebagai guru harus memperhatikan pemahaman siswa tentang zakat secara syariat,, meliputi pengertian,fungsi,tujuan dan manfaat zakat itu sendiri.
    metode yang saya gunakan pertama adalah metode ceramah, karena anak-anak smk ini pengetahuan tentang zakat masihlah minim, maka dari itu saya sebagai guru harus memberikan dasar pemahaman terlebih dahulu kepada anak baru mereka bisa mengembangkanya.
    kemudian saya juga akan menggunakan metode demonstrasi dimana saya akan membagi siswa kedalam tiga kelompok dimana kelompok pertama sebagai penerima zakat diantaranya ada yang mualaf,fakir,guru/kyai, dll. kelompok kedua sebagai panitia zakat dan kelompok ketiga sebagai pemberi zakat. nah ketiga klompok besar ini akan mempraktekan sirkulasi zakat,, dari niat saat memberikan zakat smpai diterima olh penerima zakat.
    selain semua siswa terlibat dalam praktek ini anak yg hiperaktif tadi pun terlibat dalam kegiatan praktek ini , selain ia bisa ikut gabung menjadi salah satu anggota kelompok, saya akan memberikan ia tugas untuk menentukan angota dr masing-masing kelompok. contoh siapa yg lebih cocok jadi penerima, panita atau pemberi zakat. dengan adanya tanggung jawab seperti ini dia akan berfikir lebih menggunaakan waktunya dalam mengerjakan tugas dan akan lebih memahami tentang materi yg saya sampaikan. dan kenakalanya pun akan terkendali karena dia mnerima tanggungjawab trsebut.

    2. saya sebagai guru tentunya mrasa bertanggung jawab jika peserta didik saya menghadapi sebuah masalah, kareana saya sebagai guru tidak hanya ingin mntransfer knowledge saja tapi saya jg ingin merubah pola pikir peserta didik saya mnjadi lebih baik dan membetuk pribadi yg lebih baik pula. jadi saya disini merasa harus mampu memberikan jalan keluar bagi masalah yg dihadapi murid sya. paling tidak saya tahu lah apa masalahnya dan penyebabnya dari sya bisa memberikan siswa saya masukan untuk penyelesaianya. agar setelah masalahnya selesai tidak mengganggu lagi dalam menyerap pemahaman materi yg saya sampaikan.
    saya akan memberika motivasi kepda siswa yg sedang bermaslah agar merka menemukan titik cerah dalam menyelsaikan masalahnya,, untuk strateginya saya gunakan sesuai teman=teman yg lain atau sesuai tema dan materi yg dibahas,, jadi penanganan siswa yg bermasalah ini lebih khusus diluar jam pelajaran.
    SBM yg saya ingin gunakan adalah klasikal saja,, karena menurut saya metode ini lebih memancing keseriusan siswa dalam mengikuti pelajaran.

    3. yang saya lakukan jika saya mengajar dijam terakhir mapel PAI setelah mereka belajar matematika yang mnguras fikiran dan kosentrasi yg tinggi sehingga tidak sedikit dari mereka yg merasakan pusing kepala.
    pertama saat masuk kelas saya tidak akan langsung menyampaikan materi tetapi saya akan menyuruh siwa saya berdiri keluar kelas sebentar untuk BERWUDLU. saya kasih waktu 5 menit saja tidak lama-lama. agar kedisiplinan jg terlatih. nah dengan BERWUDLU inilah energi-energi positif siswa akan kembali muncul, rasa pusing, ngantuk malas akan luntur oleh air WUDLU. serta kekuatan dari DOA NIAT wudlu ini akan menyumbang kekuatan tersendiri bagi siswa. setelah itu siswa akn segar dan bisa melaksanakan pelajaran secara kondusif.apalagi kita dianjurkan pada saat belajar kita ebih baik dalam keadaan suci maka keberkahan dari ilmu akan kita peroleh.

    4. untuk masalah penampilan saya akan samakan walaupun mengajar ditingkat sd,smp dan pesntren karena pnampilan ini adalah salah satu ciri kepribadian kita. tidak peduli di sd,smp atau pesantren saya akan brpenampilan yang sopan, rapi dan menutup aurot.
    kalau untuk pemikiran dan strategi ya saya sesuaikan daalam tingkat masing-masing.

    TERIMAKASIH KRITIK DAN SARAN TERBUKA...


    BalasHapus
  59. ANIS SA'ADATUS SA'DIYAH
    KELAS E
    NIM 113186

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum ibu guru yang baik,menyenangkan, humoris dan di cintai banyak muridnya pastinya...hehe
    langsung saja bu...kalau menurut saya dalam mengatasai soal yang ke dua saya lebih mengutamakan menggunakan SBM klasikal dan didalam esensi SBM tersebut saya memasukkan sedikit dari SBM individual, artinya ketika dalam proses mengajar saya pertama menggunakan SBM klasikal...sebelumnya saya mengulang kembali pelajaran yang sudah saya ajarkan atau yang dinamakan apresepsi..kemudian barulah menerangkan materi yang selanjutnya dengan metode ceramah...tentunya dalam metode ceramah supaya anak didik tidak lupa dengan pelajaran yang sudah di pelajari, saya memasukkan sekaligus tanya jawab dalam ceramah tersebut...nahhh...jika memang nanti terjadi problem semisal anak didik sebagian tidak bisa memahami materi secara keseluruhan maka disini saya akan memasukkan SBM individual..bagi anak didik yang belum paham maka akan saya tekankan mengenai materi materi yang saya sampaikan hingga dia mampu memahami materi, sama seperti yang lain ..dalam hal ini SBM klasikal dan Individual saya campur adukkan sehingga kelemahan SBM individual dan klasikal bisa tertutupi dan saling melengkapi...
    Nama M.Khotibul Umam
    Nim 115021
    Kelas. C

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum ibu guru yang baik,menyenangkan, humoris dan di cintai banyak muridnya pastinya...hehe
    langsung saja bu...kalau menurut saya dalam mengatasai soal yang ke dua saya lebih mengutamakan menggunakan SBM klasikal dan didalam esensi SBM tersebut saya memasukkan sedikit dari SBM individual, artinya ketika dalam proses mengajar saya pertama menggunakan SBM klasikal...sebelumnya saya mengulang kembali pelajaran yang sudah saya ajarkan atau yang dinamakan apresepsi..kemudian barulah menerangkan materi yang selanjutnya dengan metode ceramah...tentunya dalam metode ceramah supaya anak didik tidak lupa dengan pelajaran yang sudah di pelajari, saya memasukkan sekaligus tanya jawab dalam ceramah tersebut...nahhh...jika memang nanti terjadi problem semisal anak didik sebagian tidak bisa memahami materi secara keseluruhan maka disini saya akan memasukkan SBM individual..bagi anak didik yang belum paham maka akan saya tekankan mengenai materi materi yang saya sampaikan hingga dia mampu memahami materi, sama seperti yang lain ..dalam hal ini SBM klasikal dan Individual saya campur adukkan sehingga kelemahan SBM individual dan klasikal bisa tertutupi dan saling melengkapi...
    Nama M.Khotibul Umam
    Nim 115021
    Kelas. C

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, ....o ya ini yg a.n hasyim fix ndak koment ya...berart kosong ya presensinya...okk

      Hapus
    2. Waalaikumsalam, ....o ya ini yg a.n hasyim fix ndak koment ya...berart kosong ya presensinya...okk

      Hapus
  62. Nama : Dwi Adi Saputro (115126)
    kelas : H/4
    2. menurut saya, guru yang sebagai konselor harus dapat merasan apa yang peserta didik rasakan. memberi jalan keluar sehinnga peserta mampu untuk memahami masalah yang sedang dipikulnya sendiri..,
    SBM yang di oleh guru konselor ialah biasanya : (ceramah dan diskusi)

    BalasHapus
  63. Nama Ali murtopo nim 115144 kelas H. Jika saya menjadi guru pai dalam penampilan terlebih dahulu saya harusbbetul-betul mendisiplinkan diri saya secara maksimal sesuai dengan aturan2 yang ditetapkan agama islam, sebelum sy mendisiplinkan peserta didik saya. Dan saya harus betul2 maksimal dalam menguasai ilmu, dan mampu mempraktikkan baik untuk diri saya maupun untuk diri peserta didik saya. Makanya disamping menguasai materi, dan menguasai penyampaian materi tsbt pada peserta didik, saya harus bisa menjadi teladan yang baik bagi peserta didik saya. Saya juga akan memanfaatkan segala peralatan yang mendukung dalam memudahkan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan islam spt proyektor dll.

    BalasHapus
  64. Endang lestari
    Nim 115127
    Kelas H
    1. Bila ada anak disleksia dan hiperaktif dikelas,saya menggunakan SBM komando supaya tidak ada yg tertinggal materi. Pendekata yg digunakan yaitu TCA untuk anak hiperaktif dan disleksia karena proses pembelajaran lebih diutamakan daripada hasil belajar,sehingga guru dituntut untuk merencanakan strategi pmbelajaran yang fariatif supaya menarik minat anak hiperaktif. Gaya mengajarnya menggunakan komando ,supaya guru dapat membimbing penuh anak hiper aktif dan disleksia. Metode ajarnya menggunakan ceramah karena kalau menggu nakan metode lainnya mungkin anak hiperaktif dan disleksia akan mengganggu anak yang lain,untuk masalah tersebut media yang digunakan yaitu media visual supaya menarik perhatian,minat anak didik,bahan ajar yang dapat digunakan bisa menggunakan PPT,gambar,brosur dll. Untuk pengelolaaan kelas dalam masalh tersebut guru dapat menerapkan SBM seperti diatas dengan persiapan yang cermat dan pennyampaian yg tenang, serta nyaman untuk anak2.

    2. Menggunakan SBM individual yg menitik beratkan bantuan dan bimbingan belajar kpd masing2 individu. Bukan berarti pengajaran harus berdasarkan atas jalannya satu orang guru dengan satu orang murid akan tetapi pengajaran berjalan bersama dan guru harus memberikan pelayanan yg berbeda bagi setiap anak sesuai dengan perbedaan masing2 individu. Dengan demikian individual untuk melengkapi kondisi belajar yang optimal bagi tiap tiap individu.

    3. Untuk membangkitkan semangat dan konsentrasi anak maka alangkah baiknya menggunkan ice breker yg menarik .setelah itu memberikan kuis yg menyangkut materi yg lalu atau materi yang akan disampaikan setelah itu berilah tanggapan kepada anak yg sungguh2 dapat berupa tambahan nilai dll untuk memupuk semangat antara teman lainya.

    4. Menjadi guru PAI yang baik ,disiplin , dan memiliki kewibawaan.

    BalasHapus
  65. Ahmad Saeful Huda
    115122
    Kelas H/4

    1. Strategi yang digunakan bisa menggunakan resiprokal. Karena dengan strategi belajar tersebut anak didik akan lebih paham. Sedangkan yang hiperaktif itu harus diberikan pembelajaran yang khusus agar lebih paham. Dengan cara menggunakan media pembelajaran resiprokal.

    2. Jika saya seorang guru akan menangi anak didik saya dengan cara mendekati satu persatu dan harus mengatahui karakter masing-masing anak.

    3. Saya mensikapinya dengan cara memberikan pelajaran yang santai,aman,tertib,efisien,dan kondusif sehingga anak didik bisa mengikuti dengan semangat.

    4. Jika saya guru SD maka straregi saya gunakan adalah dengan memberikan pelajran dengan menggunakan power point bergambar. Jika saya guru SMP strategi yang saya gunakan adalah kerja kelompok.

    BalasHapus
  66. M.BUSYRO ULIN NUHA 115154 nggeh bu

    BalasHapus
  67. 1.ketika kita menjadi guru sedangkin ada murid kita yang ber sifat seperti apa yang di jelaskan bu heny maka kita harus memilih pendekatan TCA , dengan gaya mengajar berusaha menarik simpati dari anak yang hiperaktif tadi, metode ceramah, media mroyektor untuk menunujukan nisob nisob zakat, dan pengawasan kita harus mau ber keliling kelas dalam beberapa waktu.

    2. sebagai guru kita harus profesional, ketika ada salah satu siswa yang memilki masalah maka sebisa mungkin kita harus menunujukan jalan kepada mereka agar lebih baik.

    3. memang materi pengajaran di jam akhir itu sangat terasa lemas dan lelah, jadi ketika kita menemui kemalesan anak anak dengan memberikan boomiiing di awalan ppembelajaran agar anak terpancing untuk semangat.

    4. bila saya menjadi guru di instansi sekolah kelas amiieeen..maka kita harus berbekal dengan wibawa, pemikiran dan strategi yang sesui dengan kebutuhan anak dan sesuai dengan kurikulum, bila pesantren yang kita hadapi maka kita harus menyesuikan juga.

    BalasHapus
  68. Nama mundiyah NIM 115132 Kelas H 1. Siswa diajarkan langsung pengertian zakat dan pembagian yakat. 2. Menurut saya tetap menggunakan SBM karena supaya yang lainnya tidak terabaikan. 3. Sebagai guru yang baik saya akan menanganinya dengan cara mendekatinya bisa juga menggunakan Ice Breaking. 4. Menjadi guru PAI adalah berpenampilan yang baik dan sopan, humoris, dan disukai siswa. Pemikiran yang strategis sesuai materi yang digunakan agar mudah memahami dan siswa di beri kebebasan untuk berpendapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Strategi yang digunakan adalah TCA karena proses pempelajaran lebih diutamakan dari pada hasil pelajar sehingga guru dituntut untuk merencanakan strategi pembelajaran 2. Saya akan menggunakan SBM klasikal untuk membantu siswa memecahkan masalah yang dihadapi ketika dalam proses mengajar saya akan mengulang kembali pelajaran yangsudah saya ajarkan atau yang dinamakan apresepsi. Kemudian saya akan menerangkan materi yang selanjutnya.

      Hapus
  69. Indah lestari
    nim : 115128
    1.resiprokal.saya suruh praktik langsung
    2.kalo saya menjadi guru.saya akan mendekati siswa tersebut kemudian memberikan perhatian dan motivasi agar siswa tersebut mampu menyelesaikan problem yang dihadapi
    3.jam terakhir biasanya siswa sudah mengantuk dan bosan.agar suasana belajar tetap berlangsung,saya akan memutarkan video agar siswa lebih tertarik
    4.saya akan berpenampilan menarik dan sopan.ramah dan selalu tersenyum

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.untuk anak hiper aktif saya akan memberikan perhatian untuk menegurnya atau memberikan pertanyaan kemudian suruh mempraktikkan zakat,agar anak bisa memahami pembelajaran

      Hapus
  70. Nurul lailatul (115134) kelas H/ IV
    1.Bila ada anak yang hiperaktif saya akan menerapkan strategi komando , pendekatan yang saya gunakan TCA, dalam hal ini guru dituntut untuk merencanakan strategi pembelajaran agar anak yang hiperaktif tertarik dengan materi yang diberikan, audio visual yang digunakan power poin agar siswa yang hiperaktif mau memperhatikan materi yang sedang dipelajari .
    2. SBM yang akan saya gunakan adalah individual, karena dengan pendekatan individual dapat berinteraksi langsung dengan siswa, agar dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh siswa.
    3. agar pembelajaran maksimal dan optimal, pertama akan saya lakukan ice breker terlebih dahulu agar siswa lebih fres dalam berfikir, setelah itu baru memberikan materi pembelajaran.
    4.impian saya bila menjadi guru PA, berpenampilan rapi, menarik, disiplin, mempunyai pemikiran yang cerdas, strategi yang saya akan saya gunakan sesuai dengan keadan dan suasana kelas.

    BalasHapus
  71. Ahmad saeful huda

    1. Strategi yang digunakan bisa menggunakan resiprokal. Karena dengan strategi belajar tersebut anak didik akan lebih paham. Sedangkan yang hiperaktif itu harus diberikan pembelajaran yang khusus agar lebih paham. Dengan cara menggunakan media pembelajaran resiprokal.
    Cara mendekati anak didik dengan menggunakan pendekatan psikologis agar anak didik tersebut bisa mengerti apa yang di maksut oleh seorang guru
    Dan metode yang saya gunakan adalah metode diskusi atau kelompok.

    BalasHapus
  72. Nama : Hidayatul Muayyadah
    NIM : 115080

    1.Menggunakan SBM Kooperatif untuk anak Hiperaktif,Pendekatan SCA,Gaya mengajar terpimpin,media bisa menggunakan power point,Metode ajarnya bisa menggunakan diskusi,Bahan ajanya LKS,buku paket atau buku pengangan Guru,Langkah mengajar yang akan digunakan menyesuaikan keadaan kelasmasal

    2. Ketika terdapat masalah pada salah satu peserta didik,SBM yang digunakan adalah individual.karena jika klasikal akan sulit memahami karakter perorangan. dan dengan SBM secara individual,kita akan mengetahui secara rinci karakter perorangan dari peserta didik.

    3. Menggunakan metode yang dapat menumbuhkan daya tarik siswa,misalnya menggunakan ice breker terlebih dahulu,agar peserta didik bersemangat kembali dalam mata pelajaran PAI

    4. Jika saya menjadi guru PAI,saya akan tetap menjaga penampilan saya,misalnya rapi,sederhna dan berwibawa,Agar dihargai siswa. Strategi menggajar berbeda-beda,menyesuaikan tingkatan..misalnya di SD mungkin metode Ceramah,di SMP menggunakan metode Diskusi dan di Ponpes Pesantren menggunakan metode PPT,ceramah dan diskusi.

    BalasHapus
  73. Nama : firda rohmatun nafi'ah
    Kelas : F / smt 4
    Nim : 115078
    1.Jika saya menjadi guru strategi belajar mengajar yang saya gunakan yaitu menggunakan SBM kooperatif untuk anak yang hyperaktif, kemudian pendekatan yang saya gunakan adalah SCA, dan gaya mengajar saya konvergen dan menggunakan metode yang sesuai untuk hyperaktif yaitu diskusi, medianya yaitu bisa power point, proyektor. Bahan ajarnya buku panduan dan LKS. Langkah saya yaitu melihat situasi dan kondisi murid.
    2. Saya akan mencoba sekuat tenaga untuk menanggapi masalah siswa dan saya akan menggunakan SBM secara individual.
    3. Saya akan membuka pelajaran dengan sedikit humoris kemudian menggunakan metode yang disukai siswa itu sendiri Dan tidak memaksa murid ketika tidak memahami pelajaran dengan baik.
    4. Saya akan berpenampilan sebaik mungkin agar murid-murid bisa tertarik kepada saya, pemikiran strategis untuk pemahaman kepada siswa agar lebih efektif. Strategi tentunya berbeda-beda antara sd, smp, dan pondok. Oleh karena itu strategi yang akan saya gunakan tentunya sesuai dengan tingkatan kelas itu sendiri.

    BalasHapus
  74. Nama : Putri Candra
    NIM : 115088
    KELAS : F

    1.jika ada anak hiperaktif dan disleksia ,saya menggunakan SBM komando dan Pendekata yang digunakan yaitu SCA yaitu pendekatan yang siswanya sebagai pusat pembelajaran agar siswa yang hiperaktif bisa serius dalam pembelajaran. Metode ajarnya menggunakan powerpoint agar siswa bisa tertarik pada pelajaran termasuk juga dengan siswa hiperaktif . Langkah ajar yang saya gunakan adalah dengan menyesuaikan keadaan kelas
    2.saya akan Menggunakan SBM individual yg menitik beratkan bimbingan belajar kepada masing-masing individu. dengan menggunaakan SBM secara individual guru akan memberikan pengajaran pada setiap individu sesuai dengan masalah masing-masing individu. dengan demikian masing-masing siswa bisa mengikuti kegiatan belajar dengan baik.
    3. Untuk membangkitkan semangat siswa dalam pelajaran tersebut adalah dengan menggunakan pengajaran yang menarik siswa yaitu dengan menggunakan media power poin agar minat siswa bisa lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran.
    4. Saya akan berpenampilan rapi, sopan , sederhana agar siswa dapat tertarik untuk mengikuti pelajaran saya. Pemikiran yang saya gunakan adalah dengan pemikiran strategis agar bisa memahamkan semua siswa. Dan strategi yang saya gunakan berbeda - beda sesuai dengan tingkatan kelas.

    BalasHapus
  75. Zahrotun Ulya (115096)
    Kelas :f
    1. Jika saya menjadi guru PAI, saya menggunakan SBM kooperatif untuk anak yang hiperaktiv, kemudian pendekatan yang saya gunakan dengan pendekatan SCA, dan gaya mengajar yang saya gunakan yaitu gaya konvegen, dan saya menggunakan metode yang cocok untuk anak hyperaktif yaitu diskusi, media yang saya gunakan yaitu dengan power point, proyektor, dan bahan ajarnya yaitu buku pedoman, pegangan guru dan lks, dan langkah yang saya gunakan untuk menghadapi siswa yang seperti itu dengan melihat sikonnya.
    2. Saya akan mencoba untuk menghadapi murid saya dengan sebisa mungkin dan sekuat"nya agar saya mampu menanggapi masalah murid saya, saya akan menggunakan SBM individual.
    3. Saya akan memulai pembukaan pelajaran dengan sedikit humoris,, dengan cara membuat siswa tersenyum, kemudian saya menggunakan metode yang disukai siswa dan tidak memaksa murid ketika tidak memahami pelajaran dengan baik.
    4. Saya akan berpenampilan sebaik mungkin,, sederhana tapi meyakinkan, agar murid menyukai dan tertarik kepada saya, sebelum pelajaran itu di mulai. Strategi yang saya gunakan berbeda beda antara SD,SMP dan SMA atau Pondok. Untuk itu saya menggunakan strategi yang cocok untuk berbagai tingkatan kelas.

    BalasHapus
  76. Wafda lailatul muna (115138)
    1.yang akan ssya lakukan saya akan menggunakan pendekatan TCA gaya mengajarnya menggunkan resiprokal agar siswa hiper aktif tersebut bisa mempraktikkan agar ia bisa memahami pembelajaran
    2.saya akan menggunaka sbm secara klasikal.untuk membantu siswa menyelesaikan problem yg dihadapi
    3. Yang akan saya lakukan agar KBM dapat berlangsung scr mksimal adalah dengan menggunakan proses belajar mengajar ice breakig.agar siswa lebih tertarik dan tidak bosan
    4. Impian saya jika saya menjadi guru PAI saya akan menjadi guru yg baik,humoris agar disukai anak didiknya.

    BalasHapus
  77. Nama: Nur Innayah
    NIM:115087
    1. Sbm yang digunakan kooperatif, pendekatan yang digunakan SCA, gaya mengajar terpimpin, media mengajar power point, metode mengajar Lks/buku paket, langkah mengajar yang akan di gunakan menyesuaikan keadaan kelas
    2. Ketika ada masalah pada peserta didik tersebut, SBM yang digunakan adalah individual, agar lebih mengetahui secara rinci masalah peserta didik.karena jika menggunakan SBM klasikal,akan sulit memahami karakter peserta didik.
    3. Menggunakan metode yang dapat menumbuhkan semangat kembali peserta didik, misalnya ice breaking terlebih dahulu, agar peserta didik bersemangat kembali.
    4. Jika saya menjadi guru PAI, saya akan tetap menjaga penampilan, misalnya berpakaian rapi, sederhana, sopandan berwibawa, agar di hargai peserta didik. Strategi mengajar menyesuaikan tingkat pendidikan, misalkan SD menggunakan metode ceramah, SMP menggunakan metode diskusi, sedangkan ponpes menggunakan metode ceramah dan diskusi.

    BalasHapus
  78. Nama: putri nahari
    Kelas : F
    NIM : 115089
    1. Jika saya menjadi guru PAI dalam mengajar Saya akan menggunakan SBM kOoperatif untuk anak yang hiperaktif kemudian pendekatan yang saya gunakan adalah SCA dan gaya mengajar saya adalah dengan gaya konvergen dan saya menggunakan metode yang baik Dan cocok untuk hyperaktif.... Yaitu diskusi. Medianya menggunakan powert point,proyektor .Bahan ajarnya menggunakan buku panduan guru dan juga lks. Langkah yang saya lakukan adalah mengikuti situasi dan kondisi peserta didik.
    2.jika peserta didik saya mempunyai masalah... Saya akan berusaha membantu sekuat tenaga saya supaya masalah siswa bisa terselesaikan..... Dan saya akan menggunakan SBM secara individual.
    3.saya akan berusaha agar siswa tidak ribut dan tidak ramai sendiri dengan cara belajar dengan sedikit humoris.. Kan kemudian menggunakan metode yang di sukai oleh siswa tersebut... Dan tidak memaksa siswa ketika siswa tersebut tidak mudah memahami pelajaran yang di ajarkan.
    4.jika saya menjadi seorang guru PAI.... Saya akan berpenampilan menarik dan tidak berlebih-lebihan agar siswa tertarik kepada saya sebelum pelajaran saya dimulai ....dan berpikiran yang strategis untuk pemahaman kepada siswa agar lebih afektif... Dan strategi tersebut berbeda-beda antara SD, SMP, SMA... Oleh karena itu strategi yang saya lakukan sesuai dengan tingkatan kelas itu sendiri.

    BalasHapus
  79. ahmad subkhi
    nim 115123
    kelas h
    1.sbm ekpository, metode ceramah, media power poin, buku paket, siswa yang gaduh di peringati, atau di suruh duduk kedepan.
    2,jika tidak memungkinkan klasikan maka dengan individual, karena siswa dapat bercerita dengan guru dan guru dapat memahami serta menyelesaikan masalahnya.
    3,menggunakan metode praktek atau power poin, agar siswa tidak jenuh dan senang
    4. menjadi guru yang karakteristematik yang saya inginkan, melalui kesederhanaan guru mempunyai kewibawaan. penguasaan materi harus di perdalam dan penguasaan IT. sopan santun dan menjadi contoh yang baik dan berusaha meninggalkan hal-hal yang jelek

    BalasHapus
  80. Ali ahmadi
    115125
    Kelas H

    1.Pendekatan individu utk yg hiperaktif dan dialeksia dg srategi resiprokal dg metod ceramah dan tanyajawab, media proyektor ( powerpoint )

    2.Tentu individual, karna permaslahan siswa berbeda"
    3. Agar KBM berjln maksimal guru harus berusaha mnciptakan suasana senyaman mungkin, dg ice breaker dan peneraparan Reward and punishment
    4. penampilan memang bkn utama tp membantu anda menambah percaya diri, pd intinya seorg guru harus bisa menjaga akhlaknya, mjd contoh ng peserta didiknya.

    BalasHapus
  81. 1. Strategi yang saya gunakan, stategi belajar mengajar yang beriorentasi pada aktifitas siswa, dengan strategi ini guru bisa mengetahui kemampuan persiswanya. pendekatan yang di gunakan SCA atau diorientasikan pada siswa, metode yang digunakan adalah Diskusi. Media yang digunakan dengan media audio visual baik, karena media ini lebih menarik perhatian siswa. untuk mengelola kelas agar tetap kondusif guru bisa mengontrol siswa dengan berkeliling.
    2. SBM yang saya gunakan adalah individual karena dengan strategi tersebut bisa lebih memahami setiap siswa. dan dengan memahami siswa guru bisa memberikan bimbingan dan pelayaan bagi setiap siswa.
    3. agar pembelajaran kembali kondusif bisa membuka pembelajaran dengan ice breaking agar bisa menumbuhkan kembali minat belajar siswa, setelah itu baru mengajak memasuki materi dengan mengajak interaksi siswa, memberikan pertanyaan. setelah itu guru memberi tanggapan pada siswa yang menjawab bisa dengan ucapan terimakasih.
    4. saya ingin menjadi guru PAI yang disiplin, berwibawa, dan bisa menjadi panutan untuk anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : NIla Khulwatin Niswah
      Kelas : H
      NIM : 115062

      Hapus
  82. Nama: Siti Nur Hidayah
    Nim: 115136

    Dalam pembelajaran buat anak SMK yang cenderung hiperatif dan disleksia. Jumlah pendidik: 36 dalam 1 ruang. Dan dalam pengajaran ini. Guru mengajarkan. Pelajaran "zakat",
    SBM yang digunakan paling bagus dan baik adalah menggunakan stategi belajar mengajar diskusi. Dan menggunakan pendekatan TCA dan SCA. Dalam gaya mengajar bisa menggunakan gaya komando dan dan gaya Divergen. Dalam metode bisa menggunakan gaya ceramah. Tetapi juga harus menggunakan SBM kontekstual (bisa belajar di luar sekolah) dengan comando dari guru yang mengajarkan PAI.
    Media yang di gunakan bisa berupa bahan-bahan yang bisa di gunakan untuk "zakat" contohnya beras dalam praktiknya. Dan juga menggunakan dalam bentuk media LCD. Karena sebelum media praktik digunakan guru harus menerangkan dengan media LCD agar peserta didik tidak merasa bosan. Bahan ajar yang digunakan adalah buku. LCD. Bahan bahan buat praktik zakat. Langkah langkah yang digunakan menggunakan langkah langkah komando dari guru. Pengelolahan kelas yang digunakan dengan comando dari guru. Jadi dalam SBM yang digunakan yang baik dan bagus digunakan buat siswa SMK yang hiperatif. Guru harus mempunyai kesabaran yang besar dalam pembelajaran berlangsung dengan cara guru memberikan banyak pembelajaran dengan di sertai pembelajaran yang tidak membosankan . Contohnya bisa menggunakan praktik dan comando ceramah dari guru. Dan untuk menangani anak yang disleksia. Guru harus mendekati anak tersebut karena anak yang disleksia cenderung lama memahami pembelajaran yang di ajarkan guru. Guru bukan pilih kasih dengan siswa yang lain. Dengan cara ini guru mendekati siswa yang disleksia untuk mengajarkan pembelajaran zakat tahap demi tahap. Agar bisa memahami. Dan untuk siswa yg lain yang sudah bisa memahami pmbelajaran. Guru bisa memberikan tugas atau soal untuk dikerjakan . Agar kondisi kelas bisa di sesuaikan. Agar semua siswa tidak rame sendiri. Saat guru membimbing blajar pserta didik yang disleksia.
    2. Dalam menanggapi peserta didik apalagi peserta didik itu memiliki problem masalah. Contoh masalah keluarga yang selalu menjadi beban fikiran pserta didik. Yang mengganggu konsen dalam berfikir pserta didik. Solusinya guru harus . Bertanya pada siswa yang memiliki problem masalah jika benar itu masalah keluarga. Guru pembimbing dan BK di sekolah bisa mendatangi rumah peserta didik yang mengalami problem masalah. guru dan BK berbicara baik baik dengan keluarga peserta didik dan memberikan solusi terbaik bagi pserta didik agar peserta didik itu tidak memiliki beban fikiran yang mengganggu dalam konsennya pembelajaran di sekolah.
    Guru bisa menggunakan SBM individul karena hanya sebagian peserta didik yang memiliki problem masalah.
    3. Jika di dalam kelas siswa ribut sendiri . Tidak bisa di kondisikan . Guru bisa menggunakan SBM komando dan pendekatan TCA dan tematik untuk peserta didik agar kondisi kelas bisa disesuaikan dan semua siswa tidak ribut sendiri. Apa lagi metode yang digunakan adalah ceramah. Itu sangat membosankan jadi guru bisa menggunakan cara tematik juga (sikap, dan ktrampilan siswa).
    4. Impian saya jika menjadi guru PAI. Dengan berpenampilan sederhana tidak glamor dalam gaya tampilan dan sikap yang sopan santun. Dalam gaya sederhana tersebut bisa di contoh oleh peserta didik. Pemikiran yang digunakan sesuai tingkatan peserta didik. SD: menggunakan pemikiran dengan SBM comando dan kontekstual (belajar dengan dunia nyata di luar sekolah). Agar siswa cepat memahami pembelajaran yang di ajarkan. SMP: menggunakan pendekatan TCA dan tematik. SMA: sama dengan SMP. Dan pondok pesantren. Bisa menggunakan metode ceramah dan praktik.

    BalasHapus
  83. Yulfiana (115139) kls H
    1.gaya belajarnya: harus membuat murid tersebut lebih nyaman dan membuat anak itu senang belajar dengan setrategi belajar kita .
    pendekatanya: harus lebih mengenal karakter anak itu terlebih dahulu supaya anak itu bisa lebih mengenal kita sebelum kita memberi pelajaran .contohnya :dengan nama dari absen
    metodenya: dengan menggunakan komando (guru sebagai fasilitator) agar guru bisa mengetahui kelemahan anak tersebut dengan anak2 yg lain .
    medianya:lebih membuat anak tersebut bisa menerima .contohnya: dengan vidio yang membuat motivasi anak tersebut.
    bahan ajarannya: sama saja dengan sekolah2han yg lain menggunakan buku atau lks.
    langkah-langkahnya:membuat murid yag satu dengan yg lain saling kerja sama agar membuat murid yg satu dengan yg lain saling bisa bekerjasama .
    pengelolaan kelas: lebih membuat suasana yg kondusif supaya murid bisa menerima pelajaran dengan baik.
    mengatasinya :lebih sering memanggil anak tersebut misalnya,dengan menyuruh anak mengulangi materi yg kita ajarkan supaya anak itu aktif dalam pelajaran.

    2.secara individual supaya kita lebih bisa mengetahui masalah anak tersebut itu bagaimana .apakah masalah itu timbul dari sekolah,keluarga atau dari faktor yg lainnya.

    3.dengan cara membuat anak menghilangkan kepenatannya terlebih dahulu supaya anak bisa menerima pelajaran yg kita ajarkan .contohnya :mengajak belajar dihalam kelas supaya anak tidak terlalu jenuh

    4.penampilan tidak terlalu penting karena guru yg mempunyai wibawa belum tentu terlihat dari penampilan,kewibawaan bisa terlihat sendiri entar dari kesabaran atau dari prilaku guru tersebut.
    pemikiran:harus bisa mengetahui atau memhami mapel apa yg kita ajarkan terlebih dahulu.
    strateginya: lebih membuat murid-murid nyaman dengan kita supaya suasana di dalam kelas menjadi kondusif dan anak2 menjadi nyaman dalam pelajaran .

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  85. 1.Bagi anak yang hiperaktif yang saya gunakan adalah SBM komando supaya ridak ada tertinggal materi dan pendekatan saya gunakan adalahTCA untuk anak yang hiperaktif karena proses pembelajaran lebih di utamakan dari hasil belajar sehingga guru di tuntut untuk merencanakan strategi yang kreatif dan fariatif agar menarik minat anak yang hiperaktif. Yang saya gunakan dalam pembelajaran komando adalah media visual supaya menarik perhatian anak didik yang saya gunakan adalah brosur,gambar .dan langkah -langkah saya yaitu salam.,memberikan motivasi agar peserta didik bersemangat untuk belajar.
    2.saya menggunakan SBM individual karena mudah di pahami kondisi anak satu persatu dan lebih mendalami karakter masing-masing siswa siswi
    3.menggunakan metode yang dapat membamgkitkan daya tarik dan semangat siswa misalnya dengan menggunakan ice breakingterlebih dahulu agar siswa bersemangat kembali dalam mata pembelajaran .
    4.Jika saya menjadi guru PAI saya tetap menjaga penampilan misalnya berpakaian rapi, sopan agar dihargai siswa. Strategi mengajar bebeda-beda menyesuaikan tingkatan kelas. Selain itu agar siswa tidak bosan dan jenuh saya sertai bercanda.

    Nama : siti eka wulandari
    Kelas : F
    Nim: 115091

    BalasHapus
  86. 1.Bagi anak yang hiperaktif yang saya gunakan adalah SBM komando supaya ridak ada tertinggal materi dan pendekatan saya gunakan adalahTCA untuk anak yang hiperaktif karena proses pembelajaran lebih di utamakan dari hasil belajar sehingga guru di tuntut untuk merencanakan strategi yang kreatif dan fariatif agar menarik minat anak yang hiperaktif. Yang saya gunakan dalam pembelajaran komando adalah media visual supaya menarik perhatian anak didik yang saya gunakan adalah brosur,gambar .dan langkah -langkah saya yaitu salam.,memberikan motivasi agar peserta didik bersemangat untuk belajar.
    2.saya menggunakan SBM individual karena mudah di pahami kondisi anak satu persatu dan lebih mendalami karakter masing-masing siswa siswi
    3.menggunakan metode yang dapat membamgkitkan daya tarik dan semangat siswa misalnya dengan menggunakan ice breakingterlebih dahulu agar siswa bersemangat kembali dalam mata pembelajaran .
    4.Jika saya menjadi guru PAI saya tetap menjaga penampilan misalnya berpakaian rapi, sopan agar dihargai siswa. Strategi mengajar bebeda-beda menyesuaikan tingkatan kelas. Selain itu agar siswa tidak bosan dan jenuh saya sertai bercanda.

    Nama : siti eka wulandari
    Kelas : F
    Nim: 115091

    BalasHapus
  87. Zulianawati (115229)

    1. SBM yang saya gunakan komando agar siswa tidak tertinggal dengan penjelasan materi yang telah disampaikan, dapat juga menggunakan inkuiri yang mana siswa akan diarahkan untuk melakukan diskusi. Pendekatan yg digunakan TCA dan SCA, karena siswa yang hiperaktif jika hanya menggunakan TCA akan merasa bosan, sehingga harus ada pendekatan SCA agar lebih ada variasi dalam belajar. Gaya mengajar menggunakan komando yaitu membimbing siswa untuk mendengarkan penjelasan guru dan juga menggunakan inkuiri untuk mengajak siswa diskusi. metodenya dengan ceramah. media ajar yang bisa digunakan audio visual agar siswa yang hiperaktif dan disleksia tidak merasa bosan dengan pelajaran PAI. bahan ajar dapat menggunakan LCD projector, PPT, Video, gambar dll yang akan menarik siswa untuk belajar. pengelolaan dikelas dapat menggunakan metode-metode yang telah dijelaskan diatas.
    2. menurut saya lebih baik menggunakan SBM individual agar siswa dapat bertanya jika ada yang belum jelas.
    3. untuk membangkitkan semangat dan minat siswa dapat diselingi dengan ice breaking yang menarik, dapat juga menampilkan sebuah video yang memotivasi siswa.
    4. penampilan menarik, sopan, rapi.
    pemikiran luas, modern, terarah.
    strategi mengajar SD, dengan ceramah.
    strategi mengajar SMP, ceramah, audio visual.
    pondok pesantren, ceramah, sorogan.

    BalasHapus
  88. Yulfiana (115139) kls H
    1.gaya belajarnya: harus membuat murid tersebut lebih nyaman dan membuat anak itu senang belajar dengan setrategi belajar kita .
    pendekatanya: harus lebih mengenal karakter anak itu terlebih dahulu supaya anak itu bisa lebih mengenal kita sebelum kita memberi pelajaran .contohnya :dengan nama dari absen
    metodenya: dengan menggunakan komando (guru sebagai fasilitator) agar guru bisa mengetahui kelemahan anak tersebut dengan anak2 yg lain .
    medianya:lebih membuat anak tersebut bisa menerima .contohnya: dengan vidio yang membuat motivasi anak tersebut.
    bahan ajarannya: sama saja dengan sekolah2han yg lain menggunakan buku atau lks.
    langkah-langkahnya:membuat murid yag satu dengan yg lain saling kerja sama agar membuat murid yg satu dengan yg lain saling bisa bekerjasama .
    pengelolaan kelas: lebih membuat suasana yg kondusif supaya murid bisa menerima pelajaran dengan baik.
    mengatasinya :lebih sering memanggil anak tersebut misalnya,dengan menyuruh anak mengulangi materi yg kita ajarkan supaya anak itu aktif dalam pelajaran.

    2.secara individual supaya kita lebih bisa mengetahui masalah anak tersebut itu bagaimana .apakah masalah itu timbul dari sekolah,keluarga atau dari faktor yg lainnya.

    3.dengan cara membuat anak menghilangkan kepenatannya terlebih dahulu supaya anak bisa menerima pelajaran yg kita ajarkan .contohnya :mengajak belajar dihalam kelas supaya anak tidak terlalu jenuh

    4.penampilan tidak terlalu penting karena guru yg mempunyai wibawa belum tentu terlihat dari penampilan,kewibawaan bisa terlihat sendiri entar dari kesabaran atau dari prilaku guru tersebut.
    pemikiran:harus bisa mengetahui atau memhami mapel apa yg kita ajarkan terlebih dahulu.
    strateginya: lebih membuat murid-murid nyaman dengan kita supaya suasana di dalam kelas menjadi kondusif dan anak2 menjadi nyaman dalam pelajaran .

    BalasHapus
  89. 1. Setrategi yang saya gunakan setrategi koperatif melalui pendekatan TCA dengan gaya pengajaran diskusi berkelompok mengunakan media PPT bergerak bergambar agar anak tidak bosan
    Untuk anak yang berkebutuhan khusus saya suruh disamping saya agar dia merasa terperhatikan karena anak yang berkebutuhan khusus cenderung kurang perhatian
    2.Saya mengambil cara pendekatan individual karena karakter anak berbeda beda
    Dan mampu mengurangi dan memberi solusi permasalahan yang di alami oleh siswa
    3.Tidak hanya memfokuskan pada pembelajaran siswa saja
    Tetapi juga mengajak anak bermain yang masih berhubungan dengan pelajaran supaya kegiatan belajar siswa tetep berjalan
    4.Rapi disiplin dan menyenangkan untuk siswa agar siswa merasa nyaman belajar bersama

    BalasHapus
  90. 1. Jika dalam kelas terdapat anak yang Hiperaktif, maka itu termasuk tantangan bagi seorang guru. strategi belajar mengajar yang cocok digunakan dengan gaya latihan / praktik, dengan diberinya latihan" / praktik maka semua anak termasuk yang hiperaktif tersebut akan mengikuti dan mengarjakannya dengan baik. SBM nya menggunakan CTL (contextual Teching Learning) dengan memberi contoh riil, nyata . pendekatan menggunakan pendekatan tematik, yaitu sesuai dengan materi ajar "Zakat". Metode ajar Praktik. bahan ajar menggunakan media audiovisual "video tentang zakat". Langkah-langkah pertama dengan memberi penjelasan materi, nonton video tentang Zakat, contoh praktik Zakat. Pengelolaan kelas dengan penyediaan alternatif. cara mengatasi anak yg hiperaktif dengan memberi perhatian khusus thd anak tersebut
    2. sebagai guru khususnya PAI, guru harus mampu menanggapi masalah peserta didik. SBM nya secara individual karena guru akan mudah memahami masalah yang dihadapi oleh peserta didiknya secara individu.
    3. menggunakan gaya mengajar gaya Resiprokal dengan memberi umpan balik antara guru dengan sswa. bahan ajar menggunakan bahan PPT yang menarik dan audiovisual.
    4. menjadi guru PAI yang berakhlakul Karimah, sopan, ramah, disiplin, berwibawa dan akan memberi kesan yang baik kepada murid". pemikiran yang berorientasi padda zaman modern ini. SBM untuk SD menggunakan CTL/TCA, untuk SMP dengan SCA /tematik, untuk ponpes menggunakan TCA / secara klasikal
    Nama: Iin Mardliyyatun Nida
    NIM: 115082
    Kelas : F/IV

    BalasHapus
  91. Nama : Muhammad Khoiruddin
    NIM : 115155
    Kelas : F

    1. Menurut saya menggunakan SBM Kooperatif, Pendekatan Student Center Approuch, Gaya mengajar Latihan/Praktik, Metode ajar Diskusi, Media (Power Point, LCD, Papan Tulis), Bahan ajar LKS, Langkah-langkahnya sesuai situasi dan kondisi, Pengelolaan kelas sekreatif mungkin agar lebih menarik, sedangkan untuk menanggulangi murid yg nakal akan saya gunakan sebagai obyek praktik.

    2. Menggunakan SBM Individual karena kita akan lebih tahu permasalah yg terjadi pada siswa tersebut. Dan kita dapat memberikan motivasi agar lebih semangat dalam belajar.

    3. Agar KBM dpt berlangsung maksimal dan optimal sebelumnya kita melakukan Ice Breaker (seperti Open Bananana) agar fikiran menjadi lebih fres. Slain itu dlm mengajar kita kasih guyonan agar tdk jenuh.

    4. Impian saya apabila menjadi guru PAI suatu saat nanti saya akan berpenampilan menarik sesuai dg almamater sekolahan agar murid kita melihatnya jg senang, pemikiran yg sekreatif mungkin, sedangkan untuk strategi sesuai dg jenjang sekolah yg akan kita ajar.

    BalasHapus
  92. Nama: Eka Fatmawati
    NIM : 115076
    kelas : F

    1. Jika dalam kelas terdapat anak yang Hiperaktif, strategi belajar mengajar yang akan saya gunakan SBM kooperatif melalui pendekatan SCA dengan gaya pengajaran diskusi berkelompok mengunakan media power point supaya anak tidak bosan.Gaya mengajar Konvergen Metode ajar Praktik. bahan ajar menggunakan media audiovisual "video tentang zakat". Langkah-langkah pertama dengan memberi penjelasan materi, nonton video tentang Zakat, contoh praktik Zakat. Pengelolaan kelas dengan penyediaan alternatif. cara mengatasi anak yg hiperaktif dengan memberi perhatian khusus thd anak tersebut.
    2. Saya akan mengambil cara pendekatan individual karena karakter anak berbeda beda, dan memberi solusi permasalahan yang di alami oleh siswa.
    3. menggunakan gaya mengajar gaya Resiprokal dengan memberi umpan balik antara guru dengan siswa. bahan ajar menggunakan bahan powerpoint yang menarik dan video yang sesuai dengan materi yang saya ajarkan.
    4.jika saya menjadi guru PAI penampilan saya harus rapi, dan sopan. pemikiran saya akan saya sesuaikan dengan zaman, strategi mengajar untuk anak SD saya akan menggunakan CTL/SCA, untuk anak SMP menggunakan strategi mengajar SCA/Tematik, pondok pesantren menggunakan strategi mengajar TCA

    BalasHapus
  93. Tahti Maftuhah 115095
    1.Menurut saya,SBM yang cocok yaitu kooperatif dengan pendekatan SCA(student Centred Approaches), dan gaya mengajarnya yaitu divergen,metodenya diskusi,media power point,proyekor, papan tulis, spidol ,bahan ajarnya lks,buku paket,dan buku panduan guru.
    Langkahnya:1. Pembentukan kelompok, 2. Pemberian masalah tentang zakat, 3. proses diskusi, 4. Presentasi dan tanya jawab.namun kalau materinya bukan zakat, untuk anak hiper aktif lebih cocok untuk praktik.

    2. Untuk anak yang punya masalah,lebih cocok SBM secara individual,karena dengan berbicara empat mata,anak bisa mengungkapkan unek - unek yang dimilikinya, sehingga guru bisa memberi solusi yang tepat tanpa membuat anak yang punya masalah malu dengan temannya.

    3. Menurut saya,jika kondisinya seperti itu,guru hendaknya mampu mengubah kondisi siswa menjadi tenang, konsentrasi semangat pagi,dengan contoh melakukan ice breaker, dan menggunakan metode yang berbeda,dan lebih menarik dari hari -hari biasanya.

    4.Jika saya jadi guru PAI, insya Allah saya akan berpenampilam menarik, rapi, dan tentunya syari.pemikirannya akan terbuka dengan siswa, mau menerima masukan dari siswa, serta pemikiran yang berkembang sesuai perkembangan jaman.
    SBM untuk SD :TCA, SMP : CTL , Ponpes : SCA.

    BalasHapus
  94. Nama : Muhammadun Badrul Huda
    Kelas : F
    NIM : 115233

    1. Saya akan menggunakan strategi ekspositori, Pendekatan yang berorentasi kepada guru (teacher centered approach), Gaya komando, metode ceramah dan demonstrasi, media spidol, proyektor dan beras, bahan ajar buku LKS dan buku paket. langkah-langkahnya membuat murid terfokus dengan materi yang kita ajarkan dengan menampilkan video dari proyektor atau dengan demonstrasi. Pengelolaan kelas lebih membuat suasana yg kondusif supaya murid bisa menerima pelajaran dengan baik. Dan untuk mengatasi siswa yang hiperaktif ditugaskan untuk mencontohkan tata cara dalam melakukan zakat kepada teman-teman didepan kelas.
    2. Insya Allah mampu (mohon doanya saja), dan saya akan menggunakan SBM secara individual karena memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menentukan sendiri tempat dan waktu kapan dirinya merasa siap, seperti halnya modul.
    3. Mungkin yang dapat saya lakukan memberi kesempatan sejenak untuk beristirahat dengan bercanda tawa, main tebak-tebakan, atau bisa dengan ice breaker agar otak sedikit lebih rileks. Dan disela-sela materi diberi efek bercanda sehingga siswa tidak jenuh dalam pelajaran karna waktu jam terakhir adalah waktu yang sangat tragis.
    4. Kalau saya ditakdirkan menjadi seorang guru PAI, maka saya akan berpenampilan rapi, sopan, dan tetap modis. Memiliki pemikiran yang logis dan mudah dicerna oleh peserta didik. Serta strategi yang saya pakai untuk SD adalah ekspositori, untuk SMP adalah Inkuiri, dan untuk pondok pesantren memakai ekspositori.

    BalasHapus
  95. Khojrul rizal kelas f /4 masuk bu ya... Nim...115084

    BalasHapus
  96. Nama : Ida Fitriana
    Nama : Ida Fitriana
    Kelas : F
    NIM : 115081


    1. menurut saya jika ada anak yang hiperaktif SBM yang cocok yaitu Kooperatif ( kerja sama ) kepada anak yang hiperaktif. Pendekatan yang digunakan yaitu SCA (Student Center Approach). Gaya mengajarnya menggunakan Komando supaya anak tidak ramai ketika ada tugas. Metode ajarnya menggunakan diskusi supaya siswa aktif dalam pembelajarannya dan memahami pelajaran fiqih tentang Zakat. Media yang digunakan adalah Power Point supaya anak lebih memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Bahan yang digunakan Buku Paket dan LKS. Langkah-langkahnya memberi materi tentang Zakat , memperlihatkan video tentang zakat dan menyesuaikan situasi dan kondisi terhadap anak yang hiperaktif.

    2. Saya akan mencoba dengan sungguh-sungguh supaya mampu menanggapi masalah siswa yang mempunyai masalah. Saya akan menggunakan SBM secara individual.

    3. Saya akan memulai pelajaran sedikit bercanda, tetapi ketika serius siswa harus memperhatikannya, kemudian menggunakan metode yang disukai murid-murid dan tidak memaksa murid untuk memahami pelajaran dengan baik dan ketika siswa diberi pertanyaan dan bisa menjawab akan diberi hadiah supaya murid senang.

    4. Saya akan berpenampilan sebaik mungkin, murah senyum, humoris, supaya siswa tertarik dan tidak bosan ketika pelajaran dimulai. Sebelum pelajaran dimulai pemikiran strategis untuk pemahaman kepada siswa agar lebih efektif strategi tentunya berbeda antara SD, SMP, dan pondok, oleh karena itu strategi yang akan saya gunakan sesuai dengan tingkatan sekolah itu sendiri.

    BalasHapus
  97. 1.strategi belajar mengajarnya menggunakan kooperatif/ kerja sama untuk anak yang hiperaktif ,kemudian pendekatan yang saya gunakan student center approuch dan gaya mengajar saya konvergen dan menggunakan metode yang sesuai untuk hiper aktif yaitu diskusi,medianya yaitu dengan power point,proyektor,.bahan ajarnya yaitubuku panduan guru dan lks.langkah saya yaitu melihat situasi dan kondisi murid sesuai dengan kemampuan masing-masing
    2.saya akan mencoba dengan sekuat tenaga dan sungguh- sungguh supaya mampu menanggapi masalah siswa saya ,dan saya akan menggunakan SBM individual
    3.saya akan membuka pelajaran dengan sedikit humoris,santai tapi pasti,kemudian menggunakan metode yang disukai siswa itu sendiri dan tidak memaksa murid ketika tidak memahami pelajaran dengan baik
    4.saya akan berpenampilan menarik supaya siswa tidak bosan dan tertarik pada saya sebelum pelajaran dimulai.dan pemikiran strategis untuk pemahaman kepada siswa agar lebih efektif
    strategi tentunya berbeda antara SD smp, dan pondok,strategi yang saya gunakan tentunya sesuai dengan tingkatan kelas itu sendiri.
    Nama : Malihatin Ni'mah
    NIM : 115152
    Kelas : F/IV

    BalasHapus
  98. NAMA : MOH. HUSNUN NADA
    NIM : 115153
    KELAS : F (SEMESTER 4)

    1.Jika saya menjadi guru strategi belajar mengajar yang saya gunakan yaitu SBM kooperatif untuk anak yang hyperaktif, kemudian pendekatan yang saya gunakan adalah SCA, dan saya akan menggunakan gaya mengajar konvergen dan menggunakan metode yang sesuai untuk hyperaktif yaitu diskusi kelompok, medianya yaitu bisa power point, proyektor. Bahan ajarnya buku panduan dan LKS. Langkah saya yaitu melihat situasi dan kondisi murid.
    2. Sbg seorang pendidik saya harus optimis dan yakin bisa, Saya akan berusaha membantu semaksimal mungkin agar masalah siswa bisa terselesaikan dan saya akan menggunakan SBM secara individual.
    3. Saya akan melantunkan suara merdu saya, beraksi di depan kelas agar siswa tidak mengantuk dan semangat, setelah siswa kembali bergairah, barulah kembali kepelajaran dan saya akan menggunakan metode belajar srmenarik mungkin agar sisea tidak mengantuk kembali...
    4. Jujur sebelumnya saya tidak berimpian menjadi guru PAI, Karna impian saya sebelumnya adalah mnjadi aktor, namun karena tampang saya kurang mendukung, akhirnya saya merubah impian saya menjadi guru, dan jika saya menjadi guru saya ingin menjadi guru PAI yang berakhlakul Karimah, sopan, ramah, disiplin, berwibawa dan memberi kesan dan pesan yang baik kepada murid". pemikiran yang berorientasi padda zaman modern ini. SBM untuk SD menggunakan CTL/TCA, untuk SMP dengan SCA /tematik, untuk ponpes menggunakan TCA / secara klasikal

    BalasHapus
  99. Nama : Rizal fahmi
    NIM: 115231
    Kelas: H/IV

    Geh ngeten bu sagete kulo, sak isone lan sak mlakune

    1.setrategi belajar yg digunakan pada anak yg hiperaktif adalah dengan menerangkan materi dg cara menggunakan media video untuk mengetahui nisob nisobnya zakat dan tata cara zakat
    2. individual dan pendekatan
    3. agar anak tak males ketika pelajaran terakhir maka si guru seharusnya membuat game matematika dan memberi poin anak yg mau maju ke depan untuk mengerjakan
    4, impian saya yaitu pengen jadi pengusaha sukses dulu. agar ketika saya menjadi guru PAI tidak terlalu mengharapkan gaji dan merniat karena ALLAH SWT

    BalasHapus
  100. nama:sugiarto
    kelas:f
    nim:115093
    1.menggunakan SBM kooperatif untk ank yg hiperaktif kemudian pndekatan yg sya gunakan student center aprouch dan gya mengajar sya konvuegen metode sya yaitu diskusi ,medianya bisa powert point proyektor ,bhan ajar Lks dan bku panduan guru,langkah sya yaitu menyesuaikan keadaan murid.
    2.sya akn mencoba sekuat tenaga supaya mampu mengurangi masalah siswa .sya akan menggunkan SBM scara individual dan jga klsik ketika sya btuhkan.
    3.sya akn membuka pljaran dengan humoris kmudian menggunkan metode yg disukai siswa dan tdak memaksa murid ktika tdk pham dg plajaran akn ttapi mendampinginya sampai paham.
    4.sya akn berpenampilan sebaik mungkin untuk menarik para siswa agar bsa semangat dlm bljar dikelas.strategi bljar mengajar berbeda beda antara SD,SMP dan pndok,oleh karena itu strategi yg sya gunkan sesuai dengan tingktan kelas itu sndiri karena tentunya beda antara SD,SMP dan pondok.

    BalasHapus
  101. Nama Ali murtopo nim 115144 kelas H. Jika saya menjadi guru pai dalam penampilan terlebih dahulu saya harusbbetul-betul mendisiplinkan diri saya secara maksimal sesuai dengan aturan2 yang ditetapkan agama islam, sebelum sy mendisiplinkan peserta didik saya. Dan saya harus betul2 maksimal dalam menguasai ilmu, dan mampu mempraktikkan baik untuk diri saya maupun untuk diri peserta didik saya. Makanya disamping menguasai materi, dan menguasai penyampaian materi tsbt pada peserta didik, saya harus bisa menjadi teladan yang baik bagi peserta didik saya. Saya juga akan memanfaatkan segala peralatan yang mendukung dalam memudahkan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan islam spt proyektor dll.

    BalasHapus
  102. Nama: Siti Nur Hidayah
    Nim: 115136

    Dalam pembelajaran buat anak SMK yang cenderung hiperatif dan disleksia. Jumlah pendidik: 36 dalam 1 ruang. Dan dalam pengajaran ini. Guru mengajarkan. Pelajaran "zakat",
    SBM yang digunakan paling bagus dan baik adalah menggunakan stategi belajar mengajar diskusi. Dan menggunakan pendekatan TCA dan SCA. Dalam gaya mengajar bisa menggunakan gaya komando dan dan gaya Divergen. Dalam metode bisa menggunakan gaya ceramah. Tetapi juga harus menggunakan SBM kontekstual (bisa belajar di luar sekolah) dengan comando dari guru yang mengajarkan PAI.
    Media yang di gunakan bisa berupa bahan-bahan yang bisa di gunakan untuk "zakat" contohnya beras dalam praktiknya. Dan juga menggunakan dalam bentuk media LCD. Karena sebelum media praktik digunakan guru harus menerangkan dengan media LCD agar peserta didik tidak merasa bosan. Bahan ajar yang digunakan adalah buku. LCD. Bahan bahan buat praktik zakat. Langkah langkah yang digunakan menggunakan langkah langkah komando dari guru. Pengelolahan kelas yang digunakan dengan comando dari guru. Jadi dalam SBM yang digunakan yang baik dan bagus digunakan buat siswa SMK yang hiperatif. Guru harus mempunyai kesabaran yang besar dalam pembelajaran berlangsung dengan cara guru memberikan banyak pembelajaran dengan di sertai pembelajaran yang tidak membosankan . Contohnya bisa menggunakan praktik dan comando ceramah dari guru. Dan untuk menangani anak yang disleksia. Guru harus mendekati anak tersebut karena anak yang disleksia cenderung lama memahami pembelajaran yang di ajarkan guru. Guru bukan pilih kasih dengan siswa yang lain. Dengan cara ini guru mendekati siswa yang disleksia untuk mengajarkan pembelajaran zakat tahap demi tahap. Agar bisa memahami. Dan untuk siswa yg lain yang sudah bisa memahami pmbelajaran. Guru bisa memberikan tugas atau soal untuk dikerjakan . Agar kondisi kelas bisa di sesuaikan. Agar semua siswa tidak rame sendiri. Saat guru membimbing blajar pserta didik yang disleksia.
    2. Dalam menanggapi peserta didik apalagi peserta didik itu memiliki problem masalah. Contoh masalah keluarga yang selalu menjadi beban fikiran pserta didik. Yang mengganggu konsen dalam berfikir pserta didik. Solusinya guru harus . Bertanya pada siswa yang memiliki problem masalah jika benar itu masalah keluarga. Guru pembimbing dan BK di sekolah bisa mendatangi rumah peserta didik yang mengalami problem masalah. guru dan BK berbicara baik baik dengan keluarga peserta didik dan memberikan solusi terbaik bagi pserta didik agar peserta didik itu tidak memiliki beban fikiran yang mengganggu dalam konsennya pembelajaran di sekolah.
    Guru bisa menggunakan SBM individul karena hanya sebagian peserta didik yang memiliki problem masalah.
    3. Jika di dalam kelas siswa ribut sendiri . Tidak bisa di kondisikan . Guru bisa menggunakan SBM komando dan pendekatan TCA dan tematik untuk peserta didik agar kondisi kelas bisa disesuaikan dan semua siswa tidak ribut sendiri. Apa lagi metode yang digunakan adalah ceramah. Itu sangat membosankan jadi guru bisa menggunakan cara tematik juga (sikap, dan ktrampilan siswa).
    4. Impian saya jika menjadi guru PAI. Dengan berpenampilan sederhana tidak glamor dalam gaya tampilan dan sikap yang sopan santun. Dalam gaya sederhana tersebut bisa di contoh oleh peserta didik. Pemikiran yang digunakan sesuai tingkatan peserta didik. SD: menggunakan pemikiran dengan SBM comando dan kontekstual (belajar dengan dunia nyata di luar sekolah). Agar siswa cepat memahami pembelajaran yang di ajarkan. SMP: menggunakan pendekatan TCA dan tematik. SMA: sama dengan SMP. Dan pondok pesantren. Bisa menggunakan metode ceramah dan praktik.

    BalasHapus
  103. Nama : Gihartin Eka Prasasti
    Kelas : F / smt 4
    Nim : 115079
    1. strategi belajar mengajar yang saya gunakan yaitu menggunakan SBM kooperatif, pendekatan SCA ,gaya mengajar terpimpin,metode yang saya gunakan diskusi,menggunakan media pembelajaran power point, bahan ajar buku paket, lks, dan buku panduan lainya yang sesuai dengan mapel yang saya ajar,langkah saya menyesuaikan keadaan siswa.
    2. Saya akan berusaha menanggapi masalah siswa sebisa mungkin dengan berbagai cara dan saya akan menggunakan SBM individual.
    3. Saya akan membuka pelajaran dengan sedikit humoris agar siswa lebih santai dan tidak merasa tertekan atau takut dengan saya,kemudian metode yang saya gunakan adalah diskusi dan tidak memaksa murid ketika tidak memahami pelajaran dengan baik dan mengulangi materi yang belum mereka pahami.
    4. Saya akan berpenampilan sebaik mungkin, rapi, dan meyakinkan agar murid-murid bisa tertarik dan suka atau tidak merasa malas mengikuti pelajaran saya.strategi tentunya berbeda-beda antara sd, smp, dan pondok. Oleh karena itu strategi yang akan saya gunakan tentunya sesuai dengan tingkatan kelas itu sendiri, dan keadaan kelas itu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pihak yang terlibat dalam Pengembangan Kurikulum

strategi marketing mix " Cappucino Cincau"

CONTOH JOBS DESCRIPTION KEPANITIAN