EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH DI SD MUHAMADIYAH
MANTARAN
NO
|
Komponen
|
Indikator
|
Bukti-Bukti
|
Sumber
Data
|
Metode
|
Instrumen
|
1.
|
Guru Madin
|
1) Menguasai Materi
|
a.
Dapat
memberikan contoh bacaan makhrajul huruf secara benar
|
a.1 Semua
Siswa
a.2Penampilan
Guru
|
a.1.1 Angket
a.2.1
Pengamatan dalam kelas
|
a.1.2 Angket Siswa
a.2.2 Lembar Pengamatan
|
b.
Dapat
menceritakan kisah-kisah Nabi dan Sahabat
|
b.1 Semua
Siswa
b.2 Penampilan Guru
|
b.1.1 Angket
b.2.1
Pengamatan dalam kelas
|
b.1.2 Angket Siswa
b.2.2 Lembar Pengamatan
|
|||
c. Dapat menjelaskan tajwid secara jelas dan
detail
|
c.1 Semua
Siswa
c.2 Penampilan Guru
|
c.1.1 Angket
c.2.1
Pengamatan dalam kelas
|
c.1.2 Angket Siswa
c.2.2 Lembar Pengamatan
|
|||
2) Menguasai Metode
|
a.
Memilih
metode yang tepat
|
a.1 Semua
Siswa
a.2 Penampilan Guru
|
a.1.1 Angket
a.2.1 Pengamatan dalam
kelas
|
a.1.2 Angket Siswa
a.2.2 Lembar Pengamatan
|
||
b.
Metode
mengajar yang bervariasi
|
b.1 Semua
Siswa
b.2 Penampilan Guru
|
b.1.1 Angket
b.2.1 Pengamatan dalam kelas
|
b.1.2 Angket Siswa
b.2.2 Lembar Pengamatan
|
|||
c.
Menggunakan
metode pengajaran dengan benar
|
c.1 Semua
Siswa
c.2 Penampilan Guru
|
c.1.1 Angket
c.2.1 Pengamatan dalam kelas
|
c.1.2 Angket Siswa
c.2.2 Lembar Pengamatan
|
|||
3) Kedisiplinan
|
a.
Hadir Tepat
Waktu
|
a.1 Guru
|
a.1.1
Wawancara
a.2.1
Pengamatan diluar kelas
|
a.1.2 Pedoman Wawacara
a.2.2 Lembar Pengamatan
|
||
b.
Rutin
Melakukan Presensi Guru
|
b.1 Guru
|
b.1.1
Wawancara
b.2.1
Pengamatan diluar kelas
|
b.1.2 Pedoman Wawacara
b.2.2 Lembar Pengamatan
|
|||
c.
Mampu
mengoptimalkan Jam Pembelajaran Madin
|
c.1 Guru
|
c.1.1
Wawancara
c.2.1
Pengamatan dalam Kelas
|
c.1.2 Pedoman Wawacara
c.2.2 Lembar Pengamatan
|
|||
2.
|
Siswa
|
1) Kehadiran di sekolah
|
a.
Selalu Hadir
|
a.1 Daftar Presensi
|
a.1.1 Pencermatan
|
a.1.2 Lembar Pencermatan
|
b.
Mengikuti
program pembelajaran Madin
|
b.1 Guru
|
b.1.1
Wawancara
|
b.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
c.
DatangTepatWaktu
|
c.1 Guru
|
c.1.1
Wawancara
|
c.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
d. PulangTepatWaktu
|
d.1 Guru
|
d.1.1
Wawancara
|
d.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
2) Kedisplinan
|
a.
Mentaati tata
tertib kelas
|
a.1 Teman
Sekelas
a.2 Guru
|
a.1.1 Angket
a.2.2
Wawancara
|
a.1.2 Angket Siswa
a.2.2 Pedoman Wawancara
|
||
b.
Menjaga Sopan
Santun
|
b.1 Guru
|
b.1.1
Wawancara
|
b.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
|
c. Mengikuti pelajaran dengan disiplin
|
c.1 Guru
|
c.1.1
Wawancara
c.2.1
Pengamatan dalam Kelas
|
c.1.2 Pedoman Wawacara
c.2.2 Lembar Pengamatan
|
||
3.
|
Materi Pelajaran
|
1)
Kesesuaaian
dengan standar kompetensi
|
a.
Materi yang
disampaikan sesuai standar kompetensi madin
|
a.1 RPP dan
SK
|
a. 1.1
Pencermatan
|
a.1.2 Pedoman Wawacara
|
b.
Standar
kompetensi disampaikan dengan sistematis
|
b.1
Penampilan Guru
|
b.1.1
Pengamatan
|
b.1.2 Lembar Pengamatan
|
|||
c. Standar kompetensi
konkrit
|
c.1
Penampilan Guru
|
b.1.1
Pengamatan
|
b.1.2 Lembar Pengamatan
|
|||
2)
Sesuai KD
|
a.
Materi sesuai
KD mata pelajaran madin
|
a.1 RPP dan
KD
|
a.1.1
Pencermatan
|
a.1.2 Lembar Pencermatan
|
||
b.
Materi yang
disampaikan urut
|
b.1 RPP dan
KD
|
b.1.1
Pencermatan
|
b.1.2 Lembar Pencermatan
|
|||
c.
Materi yang
disampaikan benar
|
c.1 RPP dan
KD
|
c.1.1
Pencermatan
|
c.1.2 Lembar Pencermatan
|
|||
3)
Sesuai
Indikator
|
a.
Materi sesuai
indikator mata pelajaran madin
|
a. 1 RPP
|
a.1.1
Pencermatan
|
a.1.2 Lembar Pencermatan
|
||
b.
Materi
tersusun secara rinci
|
b. 1 RPP
|
b.1.1
Pencermatan
|
b.1.2 Lembar Pencermatan
|
|||
c. Materi tersusun urut
|
c. 1 RPP
|
a.1.1
Pencermatan
|
a.1.2 Lembar Pencermatan
|
|||
4.
|
Sarana Prasarana
|
1)
Media
|
a.
Media lengkap
|
a. Ruang Kelas
|
a.1
Pengamatan
|
a.1.2 Lembar Pengamatan
|
b.
Media siap ketika akan digunakan
|
||||||
c. Lancar digunakan dengan baik
|
||||||
2)
Mapping Tajwid
|
a. Mapping tajwid terlihat lengkap
|
|||||
b. Penulisan mapping tajwid jelas
|
||||||
c. Materi mapping tajwid detail
|
||||||
3) Ruangan
|
a. Ruangan
terlihat luas
|
|||||
b. Ruangan sangat bersih
|
||||||
c. Ruangan nyaman
|
||||||
1) Komponen Pelaksanaan Penilaian
|
a.
Setiap 4 x
pertemuan wajib setoran hafalan juz
amma
|
a.1 Guru
|
a.1.1
Wawancara
|
a.1.2 Pedoman Wawacara
|
||
5.
|
Penilaian
|
b.
Setiap 8 x
pertemuan dilakukan penilaian pelafalan makhrojul huruf dan kelancaran bacaan disertai tajwid yang
benar
|
b.1 Guru
|
b.1.1
Wawancara
|
b.1.2 Pedoman Wawacara
|
|
c.
Setiap hari
dilakukan penilaian akhlak terpuji
|
c.1 Guru
|
c.1.1
Wawancara
|
c.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
d.
Dilaksanakan
murojahaah bersama setelah 1 semester
|
d.1 Guru
|
d.1.1
Wawancara
|
d.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
e.
Ujian
tulisan, lisan, dan tahfidz setiap 1 semester
|
e.1 Guru
|
e.1.1
Wawancara
|
e.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
|
|
2) Bentuk Penilaian
|
a. Individual lisan sharing
|
a.1 Guru
|
a.1.1
Wawancara
|
a.1.2 Pedoman Wawacara
|
b. Individual tertulis cross check
|
b.1 Guru
|
b.1.1
Wawancara
|
b.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
c. Grup
|
c.1 Guru
|
c.1.1
Wawancara
|
c.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
3) Raport
|
a.
Penilaian tiga aspek
|
a.1 Guru
|
a.1.1
Wawancara
|
a.1.2 Pedoman Wawacara
|
||
b.
Menggunakan Penilaian Perbandingan
|
b.1 Guru
|
b.1.1
Wawancara
|
b.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
c.
Penilaian Berbeda
|
c.1 Guru
|
c.1.1 Wawancara
|
c.1.2 Pedoman Wawacara
|
|||
6.
|
Pengelolaan
|
1) Jadwal
|
a. Mengikuti 24
jam/minggu
|
a. Waka kurikulum
|
a.1.1 Wawancara
|
a.1.1 Pedoman Wawancara
|
b. Sesuai kebutuhan
kurikulum
|
b. Waka kurikulum
|
b.1.1 Wawancara
|
b.1.1 Pedoman Wawancara
|
|||
c. Pengkondisian jam mata
pelajaran
|
c. Waka kurikulum
|
c.1.1 Wawancara
|
c.1.1 Pedoman Wawancara
|
|||
7.
|
Lingkungan
|
1)
Ketertiban
lingkungan kelas
|
a. Lingkungan kelas
terjaga dengan
baik
|
a. Siswa
|
a.1.1 Angket
|
a.1.1 Angket Siswa
|
b. Lingkungan kelas rapi dan
bersih
|
b. Siswa
|
b.1.1 Angket
|
b.1.1 Angket Siswa
|
|||
c. Lingkungan kelas
kondusif
|
c. Siswa
|
c.1.1 Angket
|
c.1.1 Angket Siswa
|
|||
2) Lingkungan sekolah
sehat
|
a. Tersedia musholla yang
bersih
|
a. Siswa
|
a.1.1 Angket
|
a.1.1 Angket Siswa
|
||
b. Tersedia tempat wudhu
dengan
fasilitas yang bagus
|
b. Siswa
|
b.1.1 Angket
|
b.1.1 Angket Siswa
|
|||
c. Semua warga sekolah menjaga
kebersihan bersama
|
c. Siswa
|
c.1.1 Angket
|
c.1.1 Angket Siswa
|
How to get to Hollywood Casino at Charles Town Races by Bus
BalasHapusDirections to Hollywood Casino at Charles Town Races 광양 출장마사지 (Charles Town). West of Charles Town, IL. 성남 출장안마 The following transit 의왕 출장안마 lines have routes 당진 출장안마 that pass near 상주 출장마사지 Hollywood Casino at