EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN

EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH DI SD MUHAMADIYAH MANTARAN
NO
Komponen
Indikator
Bukti-Bukti
Sumber Data
Metode
Instrumen
1.
Guru Madin
1) Menguasai Materi
a.     Dapat memberikan contoh bacaan makhrajul huruf secara benar
a.1 Semua Siswa
a.2Penampilan Guru
a.1.1 Angket
a.2.1 Pengamatan dalam kelas
a.1.2 Angket Siswa
a.2.2 Lembar Pengamatan
b.      Dapat menceritakan kisah-kisah Nabi dan Sahabat

b.1 Semua Siswa
b.2  Penampilan Guru
b.1.1 Angket
b.2.1 Pengamatan dalam kelas
b.1.2 Angket Siswa
b.2.2 Lembar Pengamatan
c.  Dapat menjelaskan tajwid secara jelas dan detail
c.1 Semua Siswa
c.2  Penampilan Guru
c.1.1 Angket
c.2.1 Pengamatan dalam kelas
c.1.2 Angket Siswa
c.2.2 Lembar Pengamatan
2) Menguasai Metode
a.       Memilih metode yang tepat
a.1 Semua Siswa
a.2  Penampilan Guru
a.1.1  Angket
a.2.1  Pengamatan dalam kelas
a.1.2 Angket Siswa
a.2.2 Lembar Pengamatan
b.      Metode mengajar yang bervariasi
b.1 Semua Siswa
b.2  Penampilan Guru
b.1.1 Angket
b.2.1 Pengamatan dalam kelas
b.1.2 Angket Siswa
b.2.2 Lembar Pengamatan
c.       Menggunakan metode pengajaran dengan benar
c.1 Semua Siswa
c.2  Penampilan Guru
c.1.1 Angket
c.2.1 Pengamatan dalam kelas
c.1.2 Angket Siswa
c.2.2 Lembar Pengamatan
3) Kedisiplinan
a.       Hadir Tepat Waktu
a.1 Guru
a.1.1 Wawancara
a.2.1 Pengamatan diluar kelas
a.1.2 Pedoman Wawacara
a.2.2 Lembar Pengamatan
b.      Rutin Melakukan Presensi Guru
b.1 Guru
b.1.1 Wawancara
b.2.1 Pengamatan diluar kelas
b.1.2 Pedoman Wawacara
b.2.2 Lembar Pengamatan
c.       Mampu mengoptimalkan Jam Pembelajaran Madin
c.1 Guru
c.1.1 Wawancara
c.2.1 Pengamatan dalam Kelas
c.1.2 Pedoman Wawacara
c.2.2 Lembar Pengamatan
2.
Siswa
1) Kehadiran di sekolah
a.       Selalu Hadir

a.1  Daftar Presensi
a.1.1 Pencermatan
a.1.2 Lembar Pencermatan
b.      Mengikuti program pembelajaran Madin
b.1 Guru
b.1.1 Wawancara
b.1.2 Pedoman Wawacara
c.       DatangTepatWaktu

c.1 Guru
c.1.1 Wawancara
c.1.2 Pedoman Wawacara
d.   PulangTepatWaktu
d.1 Guru
d.1.1 Wawancara
d.1.2 Pedoman Wawacara
2) Kedisplinan
a.       Mentaati tata tertib kelas
a.1 Teman Sekelas
a.2 Guru
a.1.1 Angket
a.2.2 Wawancara
a.1.2 Angket Siswa
a.2.2 Pedoman Wawancara
b.      Menjaga Sopan Santun
b.1 Guru
b.1.1 Wawancara
b.1.2 Pedoman Wawacara

c. Mengikuti pelajaran dengan disiplin
c.1 Guru
c.1.1 Wawancara
c.2.1 Pengamatan dalam Kelas
c.1.2 Pedoman Wawacara
c.2.2 Lembar Pengamatan
3.
Materi Pelajaran
1)      Kesesuaaian dengan standar kompetensi
a.       Materi yang disampaikan sesuai standar kompetensi madin
a.1 RPP dan SK
a. 1.1 Pencermatan
a.1.2 Pedoman Wawacara
b.      Standar kompetensi disampaikan dengan sistematis
b.1 Penampilan Guru
b.1.1 Pengamatan
b.1.2 Lembar Pengamatan
c.   Standar kompetensi konkrit
c.1 Penampilan Guru
b.1.1 Pengamatan
b.1.2 Lembar Pengamatan
2)      Sesuai KD
a.       Materi sesuai KD mata pelajaran madin
a.1 RPP dan KD
a.1.1 Pencermatan
a.1.2 Lembar Pencermatan
b.      Materi yang disampaikan urut
b.1 RPP dan KD
b.1.1 Pencermatan
b.1.2 Lembar Pencermatan
c.       Materi yang disampaikan benar
c.1 RPP dan KD
c.1.1 Pencermatan
c.1.2 Lembar Pencermatan
3)      Sesuai Indikator
a.       Materi sesuai indikator mata pelajaran madin
a. 1 RPP
a.1.1 Pencermatan
a.1.2 Lembar Pencermatan
b.      Materi tersusun secara  rinci
b. 1 RPP
b.1.1 Pencermatan
b.1.2 Lembar Pencermatan
c.   Materi tersusun urut
c. 1 RPP
a.1.1 Pencermatan
a.1.2 Lembar Pencermatan
4.
Sarana Prasarana
1)      Media

a.       Media lengkap
a. Ruang Kelas
a.1 Pengamatan
a.1.2 Lembar Pengamatan
b.      Media siap ketika akan digunakan
c.   Lancar digunakan  dengan  baik
2)      Mapping Tajwid

a.   Mapping tajwid terlihat lengkap
b.  Penulisan mapping tajwid jelas

c.  Materi mapping tajwid detail
3)  Ruangan
a. Ruangan terlihat luas
b. Ruangan sangat bersih
c. Ruangan nyaman
1) Komponen Pelaksanaan Penilaian
a.       Setiap 4 x pertemuan wajib setoran  hafalan juz amma
a.1 Guru
a.1.1 Wawancara
a.1.2 Pedoman Wawacara
5.
Penilaian
b.      Setiap 8 x pertemuan dilakukan penilaian pelafalan makhrojul huruf  dan kelancaran bacaan disertai tajwid yang benar
b.1 Guru
b.1.1 Wawancara
b.1.2 Pedoman Wawacara
c.       Setiap hari dilakukan penilaian akhlak terpuji
c.1 Guru
c.1.1 Wawancara
c.1.2 Pedoman Wawacara
d.      Dilaksanakan murojahaah bersama setelah 1 semester
d.1 Guru
d.1.1 Wawancara
d.1.2 Pedoman Wawacara
e.       Ujian tulisan, lisan, dan tahfidz setiap 1 semester

e.1 Guru
e.1.1 Wawancara
e.1.2 Pedoman Wawacara


2) Bentuk Penilaian
a.    Individual lisan sharing
a.1 Guru
a.1.1 Wawancara
a.1.2 Pedoman Wawacara
b.   Individual tertulis cross check
b.1 Guru
b.1.1 Wawancara
b.1.2 Pedoman Wawacara
c.   Grup
c.1 Guru
c.1.1 Wawancara
c.1.2 Pedoman Wawacara
3) Raport
a.       Penilaian tiga aspek
a.1 Guru
a.1.1 Wawancara
a.1.2 Pedoman Wawacara
b.      Menggunakan Penilaian Perbandingan
b.1 Guru
b.1.1 Wawancara
b.1.2 Pedoman Wawacara
c.       Penilaian Berbeda
c.1 Guru
c.1.1 Wawancara
c.1.2 Pedoman Wawacara
6.
Pengelolaan
1) Jadwal
a.   Mengikuti 24 jam/minggu
a. Waka kurikulum
a.1.1 Wawancara
a.1.1 Pedoman Wawancara
b.   Sesuai kebutuhan kurikulum
b. Waka kurikulum
b.1.1 Wawancara
b.1.1 Pedoman Wawancara
c.   Pengkondisian jam mata pelajaran
c. Waka kurikulum
c.1.1 Wawancara
c.1.1 Pedoman Wawancara
7.
Lingkungan
1)      Ketertiban lingkungan kelas
a.   Lingkungan kelas terjaga dengan
      baik
a. Siswa
a.1.1  Angket
a.1.1 Angket Siswa
b.   Lingkungan kelas rapi dan bersih
b. Siswa
b.1.1  Angket
b.1.1 Angket Siswa
c.   Lingkungan kelas kondusif
c. Siswa
c.1.1  Angket
c.1.1 Angket Siswa
2)  Lingkungan sekolah
      sehat
a.  Tersedia musholla yang bersih
a. Siswa
a.1.1  Angket
a.1.1 Angket Siswa
b.  Tersedia tempat wudhu dengan
      fasilitas yang bagus
b. Siswa
b.1.1  Angket
b.1.1 Angket Siswa
c. Semua warga sekolah menjaga
    kebersihan bersama
c. Siswa
c.1.1  Angket
c.1.1 Angket Siswa


Komentar

  1. How to get to Hollywood Casino at Charles Town Races by Bus
    Directions to Hollywood Casino at Charles Town Races 광양 출장마사지 (Charles Town). West of Charles Town, IL. 성남 출장안마 The following transit 의왕 출장안마 lines have routes 당진 출장안마 that pass near 상주 출장마사지 Hollywood Casino at

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pihak yang terlibat dalam Pengembangan Kurikulum

strategi marketing mix " Cappucino Cincau"

CONTOH JOBS DESCRIPTION KEPANITIAN