PPL



1.         Pelaksanaan Praktik Mengajar
Pelaksanaan praktik mengajar merupakan kegiatan setelah mahasiswa PPL membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yakni langsung mengajar di kelas. Setiap mahasiswa PPL minimal harus melakukan praktik mengajar sebanyak 5 kali, dan boleh lebih dari 5 kali.
a.        Rabu, 21 Agustus 2013 pukul ( 07.00 ) - ( 08.30) WIB di kelas X-B
Pada praktik pembelajaran ini merupakan praktik pembelajaran pertama mahasiswa praktikan secara mandiri dengan menggunakan acuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan melaksanakan praktik pembelajaran langsung dikelas X-B. Materi pembelajarannya adalah Atta’ruf. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah.
Kegiatan praktik pembelajaran diawali dengan berdoa. Apersepsi dalam kegiatan pendahuluan ini adalah perkenalan dan menanyakan kabar peserta didik dan memotivasi mereka untuk tetap semangat belajar.
Kegiatan inti dari pembelajaran ini adalah menyampaikan materi tentang Assa’atu. Mereka menulis mufrodat lalu menghafalkan mufrodat. Dan masing-masing anak memberikan contoh dalam bentuk kalimat. Kegiatan penutup dalam pembelajaran kali ini adalah mahasiswa praktikan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. Kemudian mengingatkan peserta didik untuk belajar materi pembelajaran yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya. Peserta didik diminta untuk membaca doa penutup majlis, setelah itu pembelajaran ditutup dengan mengucapkan salam penutup.
Mungkin karena baru pertama kali mengajar, pembelajaran belum terlalu berhasil, karena masih ada sebagian anak yang masih sibuk dengan diri mereka sendiri. Akan tetapi itu merupakan sebuah tantangan untuk penulis agar mencari metode pembelajaran yang lebih tepat untuk diterapkan di kelas ini.

b.        Kamis 22 agustus pukul ( 07.00) - ( 08.30  ) WIB di kelas XII-IPS
Praktik pembelajaran ini merupakan praktik pembelajaran secara mandiri yang kedua dengan mempersiapkan RPP terlebih dahulu. Praktik pembelajaran ini dilaksanakan di kelas  dengan materi  haflah bimaulidil rosul Kegiatan pendahuluan pada praktik pembelajaran ini adalah mengawalinya dengan berdo’a bersama. Mahasiswa praktikan menyampaikan apersepsi dengan perkenalan . Kegiatan inti dilaksanakan dengan menyampaikan materi pembelajaran tentang haflah bimaulidil rosul .
Pada kegiatan penutup mahasiswa praktikan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. Kemudian mengingatkan peserta didik untuk belajar dirumah. Peserta didik diminta untuk membaca doa penutup majlis, setelah itu mahasiswa praktikan menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup.

c.         Rabu,  29 agustus 2013( 09.30 ) - ( 11.00 ) WIB di kelas XI-IPS
Praktik pembelajaran ini merupakan praktik pembelajaran secara mandiri yang ketiga dan mempersiapkan RPP terlebih dahulu. Praktik pembelajaran ini dilaksanakan di kelas XI-IPS Kegiatan pendahuluan pada praktik pembelajaran ini adalah mengawalinya dengan berdo’a bersama. Mahasiswa praktikan menanyakan materi yang kemarin
Kegiatan inti dilaksanakan dengan menyampaikan materi pembelajaran tentang Assa’atu. Menulis mufrodat dan memberikan contohnya. Pada kegiatan penutup mahasiswa praktikan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. Kemudian mengingatkan peserta didik untuk belajar dirumah materi pembelajaran selanjutnya..

d.        Rabu, 4 september 2013 pukul ( 12.15) - ( 13.45 ) WIB di kelas X-B
Pada praktik pembelajaran ini merupakan praktik pembelajaran yang ke empat mahasiswa praktikan secara mandiri dengan menggunakan acuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan melaksanakan praktik pembelajaran langsung dikelas X-B pada jam pelajaran ke 7 – 8  (12.15 – 13.45). Materi pembelajarannya adalah  Atta’aruf. Kegiatan praktik pembelajaran diawali dengan berdoa. Apersepsi dalam kegiatan pendahuluan ini adalah perkenalan dan menanyakan kabar peserta didik dan memotivasi mereka untuk tetap semangat belajar.
Kegiatan inti dari pembelajaran ini adalah menyampaikan materi Atta’aruf. Kemudian menulis mufrodat dan memerintah siswa untuk memberikan contoh mufrodat.. Kegiatan penutup dalam pembelajaran kali ini adalah mahasiswa praktikan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. Kemudian mengingatkan peserta didik untuk belajar materi pembelajaran yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya. Peserta didik diminta untuk membaca doa penutup majlis, setelah itu pembelajaran ditutup dengan mengucapkan salam penutup.

e.         Rabu, 18 september 2013  ( 12.15 ) - ( 13.45  ) WIB di kelas X-B
Praktik pembelajaran ini merupakan praktik pembelajaran secara mandiri yang kelima dengan mempersiapkan RPP terlebih dahulu. Praktik pembelajaran ini dilaksanakan di kelas X B dengan materi  Adawatul madrosiyah. Kegiatan pendahuluan pada praktik pembelajaran ini adalah mengawalinya dengan berdo’a bersama. Mahasiswa praktikan menyampaikan apersepsi dengan menanyakan kabar siswa dan mereview sedikit materi pembelajaran tentang Atta’aruf. Materi inti adalah tentang adawatul madrosiyah. Pada kegiatan penutup mahasiswa praktikan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. Kemudian mengingatkan peserta didik untuk belajar dirumah materi pembelajaran selanjutnya yaitu proses diturunkan Al Qur’an. Peserta didik diminta untuk membaca doa penutup majlis, setelah itu mahasiswa praktikan menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pihak yang terlibat dalam Pengembangan Kurikulum

strategi marketing mix " Cappucino Cincau"

CONTOH JOBS DESCRIPTION KEPANITIAN