PPL
1.
Pelaksanaan
Praktik Mengajar
Pelaksanaan praktik mengajar merupakan kegiatan
setelah mahasiswa PPL membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yakni langsung
mengajar di kelas. Setiap mahasiswa PPL minimal harus melakukan praktik
mengajar sebanyak 5 kali, dan boleh lebih dari 5 kali.
a.
Rabu,
21 Agustus 2013 pukul ( 07.00
) - ( 08.30)
WIB di kelas X-B
Pada praktik pembelajaran ini merupakan praktik
pembelajaran pertama mahasiswa praktikan secara mandiri dengan menggunakan
acuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan melaksanakan
praktik pembelajaran langsung dikelas X-B. Materi
pembelajarannya adalah Atta’ruf. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode
ceramah.
Kegiatan praktik pembelajaran diawali dengan berdoa.
Apersepsi
dalam kegiatan pendahuluan ini adalah perkenalan dan menanyakan kabar peserta
didik dan memotivasi mereka untuk tetap semangat belajar.
Kegiatan inti dari pembelajaran ini adalah menyampaikan
materi tentang
Assa’atu. Mereka menulis mufrodat lalu
menghafalkan mufrodat. Dan masing-masing anak memberikan contoh dalam bentuk
kalimat. Kegiatan penutup dalam pembelajaran kali ini adalah mahasiswa
praktikan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah
berlangsung. Kemudian mengingatkan
peserta didik untuk belajar materi pembelajaran yang akan disampaikan pada
pertemuan selanjutnya. Peserta didik diminta untuk membaca doa penutup majlis,
setelah itu pembelajaran ditutup dengan mengucapkan salam penutup.
Mungkin karena baru pertama kali mengajar, pembelajaran
belum terlalu berhasil, karena masih ada sebagian anak yang masih sibuk dengan
diri mereka sendiri. Akan tetapi itu merupakan sebuah tantangan untuk penulis
agar mencari metode pembelajaran yang lebih tepat untuk diterapkan di kelas
ini.
b.
Kamis
22 agustus pukul ( 07.00)
- ( 08.30 ) WIB
di kelas XII-IPS
Praktik
pembelajaran ini merupakan praktik pembelajaran secara mandiri yang kedua
dengan mempersiapkan RPP terlebih dahulu. Praktik pembelajaran ini dilaksanakan
di kelas dengan materi haflah bimaulidil rosul Kegiatan pendahuluan
pada praktik pembelajaran ini adalah mengawalinya dengan berdo’a bersama.
Mahasiswa praktikan menyampaikan apersepsi dengan perkenalan . Kegiatan inti
dilaksanakan dengan menyampaikan materi pembelajaran tentang haflah bimaulidil
rosul .
Pada
kegiatan penutup mahasiswa praktikan bersama peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran yang telah berlangsung. Kemudian mengingatkan peserta didik untuk
belajar dirumah. Peserta didik diminta untuk membaca doa penutup majlis, setelah
itu mahasiswa praktikan menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup.
c.
Rabu,
29 agustus 2013(
09.30 )
- ( 11.00
) WIB di kelas XI-IPS
Praktik
pembelajaran ini merupakan praktik pembelajaran secara mandiri yang ketiga dan
mempersiapkan RPP terlebih dahulu. Praktik pembelajaran ini dilaksanakan di
kelas XI-IPS Kegiatan pendahuluan pada praktik pembelajaran ini adalah
mengawalinya dengan berdo’a bersama. Mahasiswa praktikan menanyakan materi yang
kemarin
Kegiatan
inti dilaksanakan dengan menyampaikan materi pembelajaran tentang Assa’atu.
Menulis mufrodat dan memberikan contohnya. Pada kegiatan penutup mahasiswa
praktikan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah
berlangsung. Kemudian mengingatkan peserta didik untuk belajar dirumah materi
pembelajaran selanjutnya..
d.
Rabu,
4 september 2013 pukul ( 12.15)
- ( 13.45
) WIB di kelas X-B
Pada praktik pembelajaran ini merupakan praktik
pembelajaran yang ke empat mahasiswa praktikan secara mandiri dengan
menggunakan acuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan
melaksanakan praktik pembelajaran langsung dikelas X-B pada jam pelajaran ke 7 – 8 (12.15 – 13.45). Materi pembelajarannya
adalah Atta’aruf. Kegiatan praktik
pembelajaran diawali dengan berdoa. Apersepsi
dalam kegiatan pendahuluan ini adalah perkenalan dan menanyakan kabar peserta
didik dan memotivasi mereka untuk tetap semangat belajar.
Kegiatan inti dari pembelajaran ini adalah menyampaikan
materi Atta’aruf. Kemudian menulis mufrodat dan memerintah siswa untuk
memberikan contoh mufrodat..
Kegiatan
penutup dalam pembelajaran kali ini adalah mahasiswa praktikan bersama
peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. Kemudian mengingatkan
peserta didik untuk belajar materi pembelajaran yang akan disampaikan pada
pertemuan selanjutnya. Peserta didik diminta untuk membaca doa penutup majlis,
setelah itu pembelajaran ditutup dengan mengucapkan salam penutup.
e.
Rabu,
18 september 2013 (
12.15
) - ( 13.45 ) WIB
di kelas X-B
Praktik pembelajaran
ini merupakan praktik pembelajaran secara mandiri yang kelima dengan
mempersiapkan RPP terlebih dahulu. Praktik pembelajaran ini dilaksanakan di
kelas X B dengan materi Adawatul
madrosiyah. Kegiatan pendahuluan pada praktik pembelajaran ini adalah
mengawalinya dengan berdo’a bersama. Mahasiswa praktikan menyampaikan apersepsi
dengan menanyakan kabar siswa dan mereview sedikit materi pembelajaran tentang Atta’aruf.
Materi inti adalah tentang adawatul madrosiyah. Pada
kegiatan penutup mahasiswa praktikan bersama peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran yang telah berlangsung. Kemudian mengingatkan peserta didik untuk
belajar dirumah materi pembelajaran selanjutnya yaitu proses diturunkan Al
Qur’an. Peserta didik diminta untuk membaca doa penutup majlis, setelah itu
mahasiswa praktikan menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup.
Komentar
Posting Komentar