Contoh (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : SMA X
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X/ 1

Standar Kompetensi   : 1.     Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
                                               norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar       :  1.3. Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola  keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator                     :
·         Menjelaskan status, peranan dan hubungan individu dalam interaksi sosial
·         Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial.
·         Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi sosial
·         Membedakan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif

Alokasi Waktu       :  4 x 45 menit (2 X Pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa dapat:
1.    menjelaskan status sosial, peranan dan hubungan individu dalam interaksi sosial dengan  benar
2.    menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial dengan baik
3.     mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi yang mendorong terciptanya lembaga, kelompok, dan organisasi sosial dengan baik
4.    menjelaskan perbedaan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif dengan baik
                            

B.     Materi Pembelajaran

1.      Status, Peranan, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
2.      Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

C.    Metode Pembelajaran

  1. informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Nilai Karakter
1.
Pendahuluan
a.  Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).
b. Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial.
c. Rambu-rambu belajar  
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa. Guru membagi siswa ke dalam kelompok. Guru membagi tugas untuk didiskusikan
10  Menit

2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.       Siswa mendiskusikan kasus status dan peranan yang ada dalam masyarakat serta hubungannya dengan keteraturan sosial
Elaborasi
b.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi.
c.       Kelompok yang lain memberi tanggapan atau masukan

Konfirmasi
d.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi.
e.       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskusi dalam laporan tertulis
70 Menit
Mandiri, kerja keras, tanggung jawab, komunikatif, demokratis
3.
Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial.
b.      Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
10 menit
Komunikatif, demokratis, tanggung jawab

Pertemuan 2
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.

Pendahuluan

a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kesiapan siswa dalam menerima pelajaran).
b.      Memotivasi
Guru menjelaskan betapa pentingnya bentuk-bentuk interaksi sosial dalam keteraturan sosial. 
c. Rambu-rambu belajar
    Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok dan menjelaskan permasalahan yang akan didiskusikan
10 menit

2.

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.       Siswa secara kelompok mendiskusikan bentuk-bentuk interaksi dan kaitannya dengan keteraturan sosial; mendiskusikan perbedaan interaksi asosiatif dan disosiatif
Elaborasi
b.       Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya., yang dipandu oleh guru
c.       Kelompok yang lain memberi masukan atau tanggapan
Konfirmasi
d.      Setelah presentasi selesai, guru bersama dengan siswa membuat rangkuman hasil diskusi
e.       Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskusi dalam laporan tertulis.

70 Menit
Mandiri, tanggung jawab, kerja keras, komunikatif, demokratis
3.

Kegiatan Akhir

a.       Refleksi
Guru memberi soal post tes untuk dikerjakan siswa.
b.      Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan diri untuk ulangan.
10 Menit
Mandiri, tanggung jawab, kerja keras


E.     Sumber pembelajaran:
1.      Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS  halaman 54  -  86
2.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.     Media
1.       Papan tulis
2.       Lembar soal

G.    Penilaian
1.      Mengerjakan latihan soal.
2.      Melakukan pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat  
3.      Test pilihan ganda dan uraian dalam buku LKS
4.      Penilaian hasil diskusi

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6









Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                                      24—30            = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                                      18—23            = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                                      12—17            = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                      6—11             = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst







Keterangan:                                                                 Rentang skor :
1.      Aktivitas dalam kelompok                                           12—15             = Sangat baik 
2.      Tanggung jawab individu                                              9—11              = Baik
3.      Pemikiran                                                                       6—8                = Cukup         
4.      Keberanian berpendapat                                                            3—5                = Kurang       
5.      Keberanian tampil                                                          1---3                = Sangat kurang



Soal evaluasi
1.      Apa yang dimaksud dengan status dan peranan sosial ?
2.      Jelaskan interaksi sosial assosiatif dan disosiatif, serta berilah contohnya!
3.      Jelaskan perbedaan interaksi asosiatif dan disosiatif !
Jawaban
1.      Status adalah tempat atau kedudukan seseorang dalam masyarakat. Peranan sosial adalah perilaku yang diharapkan dari seseorang sesuai dengan statusnya
2.      Interaksi sosial assosiatif adalah interaksi sosial yang mengarah pada bentuk kerja sama. Contohnya proses akulturasi, asimilasi, kerja sama (cooperation)
Interaksi sosial dissosiatif adalah interaksi sosial yang mengarah pada konflik atau pertentangan. Contohnya, persaingan, konflik, kontravensi
3.      Perbedaan interaksi asosiatif dan disosiatif adalah interaksi asosiatif hubungan antar manusia mengarah pada bentuk kerja sama atau persatuan, sedangkan interaksi disosiatif hubungan antarmanusia mengarah pada konflik atau pertentangan.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pihak yang terlibat dalam Pengembangan Kurikulum

strategi marketing mix " Cappucino Cincau"

CONTOH JOBS DESCRIPTION KEPANITIAN