Contoh (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
SMA X
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami perilaku keteraturan
hidup sesuai dengan nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi
Dasar : 1.3. Mendeskripsikan proses interaksi
sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan
dan dinamika kehidupan sosial
Indikator :
·
Menjelaskan status, peranan dan hubungan individu dalam interaksi
sosial
·
Menjelaskan
hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial.
·
Menjelaskan
bentuk-bentuk interaksi sosial
·
Membedakan
interaksi sosial asosiatif dan disosiatif
Alokasi
Waktu : 4 x 45 menit (2 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa dapat:
1.
menjelaskan status sosial, peranan dan hubungan individu
dalam interaksi sosial dengan benar
2.
menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan
keteraturan sosial dengan baik
3.
mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi yang mendorong terciptanya lembaga, kelompok, dan
organisasi sosial dengan baik
4.
menjelaskan perbedaan interaksi sosial asosiatif dan
disosiatif dengan baik
B. Materi Pembelajaran
1. Status, Peranan, dan
Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
2. Bentuk-Bentuk
Interaksi Sosial
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
1
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Nilai
Karakter
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru
mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan
kelas).
b. Memotivasi
Guru
menjelaskan pentingnya status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi
sosial.
c. Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang harus
dicapai siswa. Guru membagi siswa ke dalam kelompok. Guru membagi tugas untuk
didiskusikan
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.
Siswa mendiskusikan kasus status dan peranan yang ada
dalam masyarakat serta hubungannya dengan keteraturan sosial
Elaborasi
b.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi.
c.
Kelompok yang lain memberi tanggapan atau masukan
Konfirmasi
d.
Guru bersama siswa membuat kesimpulan berdasarkan hasil
diskusi.
e.
Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskusi dalam
laporan tertulis
|
70 Menit
|
Mandiri, kerja keras, tanggung jawab, komunikatif,
demokratis
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa
dan guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan individu
dalam interaksi sosial.
b.
Penugasan
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Komunikatif, demokratis, tanggung jawab
|
Pertemuan 2
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas
untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kesiapan siswa dalam menerima
pelajaran).
b.
Memotivasi
Guru
menjelaskan betapa pentingnya bentuk-bentuk interaksi sosial dalam
keteraturan sosial.
c. Rambu-rambu belajar
Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok
dan menjelaskan permasalahan yang akan didiskusikan
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.
Siswa secara kelompok mendiskusikan bentuk-bentuk
interaksi dan kaitannya dengan keteraturan sosial; mendiskusikan perbedaan
interaksi asosiatif dan disosiatif
Elaborasi
b.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.,
yang dipandu oleh guru
c.
Kelompok yang lain memberi masukan atau tanggapan
Konfirmasi
d.
Setelah presentasi selesai, guru bersama dengan siswa
membuat rangkuman hasil diskusi
e.
Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskusi dalam
laporan tertulis.
|
70 Menit
|
Mandiri, tanggung jawab, kerja keras, komunikatif,
demokratis
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Guru
memberi soal post tes untuk dikerjakan siswa.
b.
Penugasan
Guru memberi tugas kepada
siswa untuk mempersiapkan diri untuk ulangan.
|
10 Menit
|
Mandiri, tanggung jawab, kerja keras
|
E. Sumber pembelajaran:
1.
Buku
Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman
54 -
86
2.
Media
massa seperti
majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
G. Penilaian
1. Mengerjakan latihan
soal.
2. Melakukan pengamatan
terhadap interaksi sosial dalam masyarakat
3. Test pilihan ganda dan
uraian dalam buku LKS
4. Penilaian hasil
diskusi
Berikut ini format penilaian
diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR
OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30
= Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor
3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4
6—11 =
Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang
skor :
1.
Aktivitas dalam kelompok 12—15
= Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5
= Kurang
5. Keberanian tampil 1---3 = Sangat kurang
Soal evaluasi
1.
Apa
yang dimaksud dengan status dan peranan sosial ?
2.
Jelaskan
interaksi sosial assosiatif dan disosiatif, serta berilah contohnya!
3.
Jelaskan
perbedaan interaksi asosiatif dan disosiatif !
Jawaban
1.
Status
adalah tempat atau kedudukan seseorang dalam masyarakat. Peranan sosial adalah
perilaku yang diharapkan dari seseorang sesuai dengan statusnya
2.
Interaksi
sosial assosiatif adalah interaksi sosial yang mengarah pada bentuk kerja sama.
Contohnya proses akulturasi, asimilasi, kerja sama (cooperation)
Interaksi sosial dissosiatif
adalah interaksi sosial yang mengarah pada konflik atau pertentangan.
Contohnya, persaingan, konflik, kontravensi
3.
Perbedaan
interaksi asosiatif dan disosiatif adalah interaksi asosiatif hubungan antar
manusia mengarah pada bentuk kerja sama atau persatuan, sedangkan interaksi
disosiatif hubungan antarmanusia mengarah pada konflik atau pertentangan.
Komentar
Posting Komentar