Contoh Analisis Proposal Skripsi



NAMA: HENY KUSMAWATI
NIM: 10422039

Deskripsi Analisis Data

PENERAPAN KONSEP ANDRAGOGI DI FAKULTAS ILMU AGAMAISLAM
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA PADA MATA KULIAH AGAMA ISLAM
TAHUN AKADEMIK 2012/2013
YOGYAKARTA

Menurut mahasiswa (8 Januari 2013, diperpustakaan FIAI, Jam 13.00-selesai) dalam wawancara berpendapat bahwa dia mengikuti proses pembelajaran karena keinginannya sendiri, selain ingin tahu lebih dalam tentang tuntunan pembelajaran keagamaan secara universal guna mengaplikasikandalam kehidupan individu maupun social.
Asmin (http://www.depdiknas.go.id/jurnal/3.htm) mengatakan kesipaan belajar: seseorang akan siap mempelajari sesuatu apabila ia merasakan perlunya melakukan hal tersebut, karena dengan mempelajari sesuatu itu ia dapa memecahkan masalahnya atau dapat menyelesaikan tugas-tugasnya sehari-hari secara baik. Fungsi pendidik disini adalah menciptakan kondisi, menyiapkan alat serta prosedur untuk membantu mereka menemukan apa yang perlu mereka ketahui. Dengan demikian program belajar harus disusun sesuai dengan kebutuhan kehidupan mereka yang sebenarnya dan urut-urutan penyajian harus disesuaikan dengan kesiapan peserta didik.
Mahasiswa mengatakan pada dasanya konsep yang ada sudah mengacu pada keinginan para mahasiswa umunya khususnya bagi responden. Namun, tentnunya masih adanya kekurangan-kekurangan yang menuntut adanya peningkatan dan perbaian dalam proses pembelajran itu sendiri.
Pada dasarnya pengelompokkan mahasiswa berdasarkan kemampuan tidak ada yang dicampur. Hanya saja perkuliahan yang terjadi masih terdapat beberapa mahasiswa yang kurang paham tentang materi yang telah didiskusikan bersama. Hal ini wajar aja, ketika ada beberapa mahasiswa yang kurang memahami materi perkuliahan.
Fakta lain yang mendukung bahwasanya pengelompokkan mahasiswa berdasarkan kemampuan tidak ada, hal ini terlihat dari suasana ujian tengah semester (uts) semester genap. Mahasiswa yang tidak tergolong semuanya mampu mengetahui (berbicara, menulis, dan berkomunikasi) menggunakan bahasa arab akan tetapi soal ujian oleh dosen pengampu mata kuliah tersebut menggunakan bahasa arab
Prinsip-prinsip belajar orang dewasa menurut Supriadi: Orang dewasa belajar dengan baik apabila dia secara penuh ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan, saling mengerti yang baik dan sesuai dengan ciri-ciri utama dari orang dewasa membantu pencapaian tujuan dalam belajar.
Sesuai dengan prinsip diatas bahwa orang dewasa akan menghasilkan perubahan tingkah laku, baik dalam hal pengetahuan, ketrampilan, maupun sikap. Dalam bukunya suprijanto (2007:47-48), menyebutkan tentang fungsi
Berdasarkan data yang diperoleh peneliti tentang kesiapan mahasiswa dalam pembelajaran dengan konsep andragogi menunjukkan kesiapan itu sudah ada walaupun belum ada pengelompokkan potensi yang ada pada mahasiswa belum bias di kembangkan dengan sepenuhnya dalam proses pembelajran mata kuliah agama.
Jawaban menurut dosen (7 Januari 2013, jam13.00 sampai selesai ):” potensi mahasiswa bias di lihat dari di lihat dari bagaimana dia merespon pembelajaran di kelas? Makanya ada pemetaaan bagaimana keaktifan di kelas? Mengerjakan tuga dan yang paling penting bagaimana hasil UTS dan UAS? Itu secara norma yang tertulis, tapi kalau norma yang tidak tertulis bagaimana keaktifan dia di kelas?
Menurut dosen: kalau untuk potensi kita tidak bias menyelami secara mendalam. Sebab mau tidak mau kita harus kenal satu per satu orangnya dan pernah berinteraksi langsung. Ada satu hal yang mungkin dan nggak mugkin juga kita lakukan sehingga kita hanya memperkirakan potensinya apa? Akhirnya saya anggap merata. Dia orang di pendidikan agama, untuk masa depan dia jadi guru, mendirikan lembaga pendidikan. Jadi saya menyesuaikan berdasarkan berdasarkan umunya. Kalau satu persatu rasanya nggak mungkin.
Memperhatikan bahwa belajar orang dewasa akan menghasilkan perubahan perilaku, baik dalam hal pengetahuan, ketrampilan, maupun kesiapan. Dalam bukunya suprijanto (2007:47-48) menyebutkan tentang fungsi pendidik, antara lain: penyebar pengetahuan pelatih ketrampilan, perancang pengalaman belajar, pelancar proses belajar, sumber belajar, pemimpin kegiatan belajar, penjelas tujuan belajar, tutor simulasi, fasilitator.
Berdasarkan data yang diperoleh peneliti tentang kesiapan dosen dalam memberikan pembelajran dengan konsep andragogi menunjukkan bahwa kesiapan itu sudah ada walaupun dalam berlangsungnya pembelajran belum ada implementasinya karena seorang dosen belum dapat menyelami potensi yang ada pada mahasiswa dan dari 7 dosen yang mengangap dirinya sebagai fasilitator dalam pembelajaran baru ada 3 dosen dosen


KESULITAN DAN SOLUSI DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL
Kesulitan:
1. Menemukan suatu masalah yang berbeda tetapi istimewa
2. Sulit menemukan referensi buku yang koheren dengan judul yang telah dipilih
3. Kesulitan dalam menentukan metode apa yang akan digunakan untuk menganalisis data

Solusi:
1. Selalu mengikuti isu-isu pendidikan masa kini
2. Mencari referensi di kampus lain dikarenakan perpustakaan FIAI UII sangat kurang lengkap
3. Meminta bimbingan kepada kakak angkatan dan dosen dalam menentukan metode apa yang sesuai untuk penelitian dan sering membaca skripsi orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pihak yang terlibat dalam Pengembangan Kurikulum

strategi marketing mix " Cappucino Cincau"

CONTOH JOBS DESCRIPTION KEPANITIAN