TELAAH PUSTAKA





A.       
TELAAH PUSTAKA
Setelah penulis meninjau skripsi terdahulu yang mempunyai judul senada yang pernah ditulis mengenai konsep diri terhadap kemampuan berinteraksi sosial antara lain :
1.      Hubungan antara konsep diri dengan asertivitas, ditulis oleh Aulia Rahman (PAI(00422076))tahun 2005 yang menjelaskan tentang hubungan antara konsep diri dengan assertivitas siswa kelas 1,2,dan 3 di MAN Yogyakarta 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan asertivitas.
2.      Hubungan antara kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian anak asuh, ditulis oleh Lukman (PAI (96120048)) tahun 2000 yang menjelaskan tentang kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian anak asuh di Panti Asuhan Yatim Islam Kodia Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi interpersonal, konsep diri, dan kemandirian anak asuh Panti Asuhan Yatim Islam Kodia Yogyakarta.
3.      Hubungan konsep diri dan motivasi, ditulis oleh Siti Yuli Yanti tahun 2008 yang menjelaskan tentang hubungan konsep diri dan motivasi pada Mahasiswa program S1 perpanjangan masa studi di Perguruan Tinggi Kota Malang. Hasilnya penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan.
4.      Hubungan antara penyesuaian diri dengan lingkungan kerja, ditulis oleh Mochammad Ely Yusuf (02410076) tahun 2008 yang menjelaskan tentang hubungan antara penyesuaian diri dengan lingkungan kerja pada karyawan PT. Sido Muncul, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dengan lingkungan kerja.
5.      Hubungan antara interaksi dalam keluarga dan penyesuaian diri dengan prestasi belajar siswa, ditulis Dewi Sri Suryanti tahun 2000. Menunjukkan hasil hubungan yang signifikan antara interaksi dalam keluarga dan penyesuaian diri dengan prestasi belajar siswa kelas 2 dan 3 SMU UII Yogyakarta.
Dari telaah penelitian-penelitian terdahulu tersebut, terlihat bahwa tema penelitian ini belum pernah diteliti oleh peneliti lain. Memang banyak penelitian-penelitian tentang konsep diri dan penyesuaian diri, hanya saja sejauh pengetahuan peneliti belum pernah diteliti tentang pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian diri, apalagi objek penelitiannya adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam UII.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pihak yang terlibat dalam Pengembangan Kurikulum

strategi marketing mix " Cappucino Cincau"

CONTOH JOBS DESCRIPTION KEPANITIAN