Kurikulum Pendidikan Islam

    Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan pendidikan atau pengajaran dan hasil pendidikan atau pengajaran yang harus dicapai oleh anak didik, kegiatan belajar mengajar, pemberdayaan sumber daya pendidikan dalam pengembangan kurikulum itu sendiri.

Kurikulum Pendidikan Islam Di Indonesia:
a. Pengertian
 Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana yang menyiapkan peserta didik untuk mengenalkan, memahami, menghayati, hingga mengimani, bertaqwa, dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama islam dari sumber utamanya dibarengi hablum minallah wa hablum minannas.


b. Fungsi
Pendidikan Agama Islam berfungsi untuk:
1. Penanaman Nilai ajaran Islam sebagai pedoman pencapaian kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
2. Pengembangan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta akhlak mulia peserta didik seoptimal mungkin, yang telah ditanamkan lebih dahulu dalam lingkungan keluarga.
3. Penyesuaian Mental peserta didik terhadap lingkungan melalui pendidikan agama Islam
4. Perbaikan kesalahan-kesalahan, kelemahan-kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pengalaman ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.
5. Pencegahan peserta didik dari hal-hal yang negatif.

c. Tujuan
Pendidikan agama Islam di SLTA bertujaun menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, meliputi pemberian dan pemupukkan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pihak yang terlibat dalam Pengembangan Kurikulum

strategi marketing mix " Cappucino Cincau"

CONTOH JOBS DESCRIPTION KEPANITIAN